Tren Gempa Darat Januari 2023, Gempa Terkini Guncang Bandung Dipengaruhi Sesar Garsela

Tren Gempa Darat Januari 2023, Gempa Terkini Guncang Bandung Dipengaruhi Sesar Garsela

Tren gempa darat Januari 2023, gempa terkini yang guncang Bandung dipengaruhi Sesar Garsela (Garut Selatan).-Ilustrasi pixabay@Tumisu-

BANDUNG, RADARTASIK.COM – Frekuensi gempa darat makin tinggi. Sejak tanggal 18 – 28 Januari 2023, frekuensi gempa darat melebihi gempa laut.

Mengutip dari laman Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMG), sejak tanggal 18 – 28 Januari 2023, tercatat 20 kejadian gempa bumi. Nah, 11 peristiwa di antaranya terjadi gempa darat.

Nah, gempa terkini guncang Bandung. Gempa terkini guncang Bandung terjadi Sabtu 28 Januari 2023 sekitar pukul 01.00 WIB dengan magnitudo 4.0 skala richter.

Kepala Pusat BMKG Daryono menyebut gempa bumi Bandung berpusat pada koordinat 7,22 derajat LS (lintang selatan) dan 107,59 derajat BT (bujur timur).

BACA JUGA: Penjelasan BMKG tentang Sesar Garsela di Garut Selatan, Pernah Sebabkan Gempa Bumi, Jangan Anggap Sepele

BMKG mengonfirmasi gempa bumi tersebut disebabkan oleh adanya aktivitas Sesar Garsela atau Sesar Garut Selatan.

Dilansir diway.id, Sesar Garsela merupakan salah satu sesar atau patahan aktif di wilayah Jawa Barat bagian selatan.

Sesar tersebut punya struktur memanjang yang berawal dari selatan Garut sampai ke selatan Bandung dengan total panjang 42 km.

Menurut BMKG, gempa bumi di Bandung memiliki dua gempa pendahuluan atau foreshock dengan kekuatan magnitudo 2.6 dan magnitudo 3.0.

BACA JUGA: Mengenal Sesar Garsela di Garut Selatan, Karakternya Mirip Sesar Cimandiri di Cianjur, Bisa Sebabkan Gempa

Tercatat bahwa Sesar Garsela menjadi patahan yang sudah membuat kluster aktivitas kegempaan (seismistas) sejak tahun 2008.

Meski begitu, para ahli masih belum memahami jelas bagaimana kecepatan pergeseran sesar dan magnitudo ditargetkan yang bisa dilepaskan Sesar Garsela.

Daryono mengungkap dari lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa yang terjadi di Bandung adalah jenis gempa kerak dangkal (shallow crustal earthquake) akibat aktivitas Sesar Garut Selatan.

Dia pernah mengatakan bahwa sesar Garsela merupakan salah satu struktur sesar yang paling aktif di Jawa Barat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber