Sempat Berjaya di Tahun 2000, Nasib Lembah Putri Kini Terbengkalai

Sempat Berjaya di Tahun 2000, Nasib Lembah Putri Kini Terbengkalai

Kawasan Objek Wisata Lembah Putri di Kabupaten Pangandaran memiliki keindahan pantai dan alam namun nasibnya kini terbengkalai.-Deni Nurdiansah / Radar Tasikmalaya -

PANGANDARAN, RADARTASIK.COM – Kawasan wisata Lembah Putri sempat berjaya di tahun 2000. Namun, nasib Lembah Putri kini terbengkalai dan jarang dikunjungi wisatawan.

Padahal objek wisata ini memiliki daya tarik tersendiri dibandingkan dengan objek wisata lainnya di Kabupaten Pangandaran.

Salam, tokoh masyarakat Desa Putrapinggan, Kecamatan Kalipucang, Kabupaten Pangandaran, mengatakan, Lembah Putri sempat beryata di era tahun 2000-an.

"Kemudian pada 2012 mulai padam dan vakum," ungkapnya kepada radar, Rabu 25 Januari 2023.

BACA JUGA:Tetap Kompak di Usia 13 Tahun, Komunitas Honda Tasikmalaya (KHOTAK) Punya Ratusan Anggota

Pada 2016, objek wisata ini sempat aktif namun pada akhirnya nasib Lembah Putri kembali meredup.

"Padahal banyak wahana wisata di Lembah Putri seperti replika tembok China, Gua Ronggeng, Waterboom, spot foto dan area perkebunan," ujarnya.


Salah satu spot indah melihat pantai dan bukit di bangunan batu di kasawan Lembah Putri Kabupaten Pangandaran.-Deni Nurdiansah / Radar Tasikmalaya -

Akses jalan menuju Lembah Putri banyak ditutupi pepohan tumbang dan tanah longsoran yang dibiarkan begitu saja.

"Sudah lama tidak ada aktivitas wisatawan di Lembah Putri, kecuali yang berniat mengambil foto dengan keperluan tertentu, seperti prewedding, spot syuting ataupun hanya swafoto," katanya.

BACA JUGA:Ridwan Kamil Tidak Setuju Impor Beras, Simak Alasannya

Dulu, pengelolaan Lembah Putri oleh pihak swasta dan tidak pernah diambil alih oleh Pemkab. "Setahu saya memang dikelola swasta," ucapnya.

Menurutnya Lembah Putri memiliki banyak sisi keunikan yang sebenarnya bisa dikembangkan. "Bukit ini kan dekat dengan pantai, panorama yang menawan sepanjang pantai terlihat dari sana, bahkan pemandangan rel kereta Cikacepit nampak jelas," ujarnya.

Selain itu, kata Salam, pepohonan hijau dan areal perkebunan di atas bukit menambah suasana yang asri tempat tersebut."Tinggal dikelola lagi," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: