Bupati Tasik Minta ke Gubernur Jabar Dibangun Jalan Lingkar Utara dan Selatan serta Tiga Exit Tol Getaci

Bupati Tasik Minta ke Gubernur Jabar Dibangun Jalan Lingkar Utara dan Selatan serta Tiga Exit Tol Getaci

Gubernur Jabar Ridwan Kamil didampingi Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum serta Bupati dan Wakil bupati Tasikmalaya dalam momen peresmian Taman Alun-alun Singaparna, Sabtu 14 Januari 2023.-ujang nandar-radartasik.disway.id

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COMBupati Tasikmalaya Ade Sugianto menyampaikan keinginannya untuk dibangun Jalan Lingkar Utara dan Selatan di Kabupaten Tasikmalaya. Keinginan tersebut disampaikan langsung kepada Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

"Hingga saat ada satu pembangunan yang belum terwujud sejak dibuatnya RPJMD yakni pembangunan jalan lingkar utara dan lingkar selatan," katanya kepada radartasik.com usai peresmian Taman Alun-Alun Singaparna, Sabtu 14 Januari 2023.

Rencana tersebut, dibuat sejak tahun 2000 lalu. Hingga saat ini belum terwujud karena adanya keterbatasan anggaran. Untuk membangun dua jalan lingkar itu sedikitnya harus menguras anggaran Rp800 miliar, mulai pembebasan lahan hingga pembangunan. 

"Maka kami sampaikan hari ini agar pak Gubernur (Ridwan Kamil) bisa mendorongnya, karena bila dari APBD Kabupaten Tasikmalaya tidak akan cukup," kata Ade.

BACA JUGA:Yess! Setelah Taman Alun-alun Singaparna, Gubernur Jabar Ridwan Kamil Bakal Menata Ciawi dan Cikatomas

Selian itu, dia meminta tiga exit Tol Getaci di Kabupaten Tasikmalaya. Jadi, kata dia, tidak hanya satu, karena targetnya untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. 

"Kami minta ada tiga exit Tol Getaci, yakni di Kecamatan Singaparna, Cineam dan Ciawi. Tentunya dengan exit tol itu akan lebih mempermudah pengangkutan palawija dari Kabupaten Tasikmakaya," ujar Ade.

Permohonan Bupati Tasik minta ke Gubernur Jabar Ridwan Kamil soal pembangunan dua jalan lingkar, disikapi positif. Gubernur Jabar Ridwan Kamil akan mencoba berkomunikasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Gubernur menyadari, jika hanya mengandalkan anggaran APBD Kabupaten Tasikmalaya belum cukup mampu merealisasikan harapan tersebut.

BACA JUGA:Selamat! 24 Kepala Sekolah SD dan SMP Dilantik Wali Kota Banjar, 8 Orang Segera Menyusul, Ini Daftar Namanya

"Ia itu tidak akan cukup, nanti akan kita sampaikan ke Kementerian (PUPR) untuk itu," kata dia.

Gubernur juga memberikan bocoran pembangunan yang bakal dilakukan di Kabupaten Tasikmalaya tahun ini. Menurutnya terdapat sembilan titik pembangunan, yakni pembangunan Taman Alun-alun Cawi, Taman Alun-alun Cikatomas, dua rumah sakit yakni di Kecamatan Ciawi dan Karangnunggal. 

Kemudian ada pembangunan jembatan, pasar, dan Gedung Pemuda. "Termasuk pembangunan obyek wisata yakni Pantai Karangtawulan," kata dia.

Soal jalan tol sendiri menurutnya masih dalam porses pembebasan lahan. Untuk permintaan Bupati Tasikmalaya Ade Sugianto tiga exit Tol Getaci, juga bakal disampaikan ke Kementerian PUPR. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: