Jamin Ketersediaan Kebutuhan Pokok, Pemprov Jabar Bangun PDP dan SRG

Jamin Ketersediaan Kebutuhan Pokok, Pemprov Jabar Bangun PDP dan SRG

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil jamin ketersediaan kebutuhan pokok dengan kehadiran Pusat Distribusi Provinsi dan Sistem Resi Gudang.-Istimewa-

BANDUNG, RADARTASIK.COMPemprov Jabar bangun PDP (Pusat Distribusi Provinsi) dan fasilitas Sistem Resi Gudang (SRG).

Pusat Distribusi Provinsi dibangun di Jalan Raya Purwakarta-Subang km 14 Kampung Cisantri Desa Cilandak Kecamatan Cibatu Kabupaten Purwakarta.

Sedangkan fasilitas Sistem Resi Gudang di 13 kabupaten se-Jawa Barat.

Dana pembangunan dua sarana perdagangan ini merupakan hibah dari Bappepti (Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi) Kementerian Perdagangan.

BACA JUGA: Ridwan Kamil Optimis Bendungan Sadawarna Tingkatkan Produksi Beras Indramayu

Sistem Resi Gudang di antaranya terdapat di Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Subang dan Kabupaten Cianjur.

Sistem Resi Gudang merupakan upaya meningkatkan perdagangan berbasis produk dalam negeri dan lokal pangan yang akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional dan regional.

Karena, Sistem Resi Gudang berhubungan langsung dengan petani dan usaha mikro, kecil dan menangan (UMKM) di wilayah Jawa Barat.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Barat Iendra Sofyan menjelaskan dengan terbangunnya Pusat Distribusi Provinsi bisa memotong mata rantai yang terlalu panjang, menjamin kelancaran distribusi dan ketersediaan barang kebutuhan pokok.

BACA JUGA: Harga Jual Kecoa Rp 500 Ribu Per Kg, Cara Ternaknya Mudah, Keuntungannya Lebih Besar

Kebutuhan pokok ini di antaranya beras, minyak goreng, jagung, kedelai, telur ayam ras, tepung terigu, cabai, bawang merah dan bawang putih, daging ayam ras, gula, ikan segar dan daging sapi.

”Keberadaan Pusat Distribusi Provinsi ini dalam rangka meningkatkan kemitraan antara petani, nelayan, peternak, koperasi, UMKM, pedagang pasar, dan mitra strategis lainnya,” kata dia.

Pengelolaan Pusat Distribusi Provinsi ditugaskan kepada BUMD Provinsi Jawa Barat yang memiliki tugas pokok menangani ketahanan pangan yaitu PT Agro Jabar.

Sementara Sistem Resi Gudang dikelola 13 kabupaten se-Jawa Barat yaitu Kabupaten Subang, Cianjur 2 Gudang SRG, Indramayu, Garut, Bogor, Sumedang, Majalengka, Kuningan, Purwakarta, Tasikmalaya, dan Ciamis 2 Gudang SRG.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: