Mantap, 19 Daerah Raih Penghargaan di Akhir Tahun 2022, Cek Prestasi Daerah Anda

Mantap, 19 Daerah Raih Penghargaan di Akhir Tahun 2022, Cek Prestasi Daerah Anda

Gubernur Jabar Ridwan Kamil memberikan penghargaan kepada Wakil Bupati Garit dr Helmi Budiman.-Humas Provinsi Jabar-

BACA JUGA: Aturan Baru Tol Nontunai Nirsentuh, STNK Diblokir Jika Tidak Bayar Tol

”Saya senang bukan lima tahunan surveinya, setahunan. Mungkin nanti awal Januari Pak Menteri yang akan rilis stunting Jawa Barat dari 24 persen turun ke berapa,” ujar Kang Emil.

Wabup Garut, usai menerima penghargaan mengungkapkan, penghargaan ini merupakan apresiasi dari Pemda Provinsi Jabar terhadap langkah-langkah yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten (Pemdakab) Garut, salah satunya yaitu adanya pengukuran tinggi badan terhadap semua balita yang merupakan salah satu kegiatan dari program Temukan, Obati, Sayangi balita Stunting (TOSS).

”Dari situ alhamdulillah ketemu karena kalau data yang disebutkan oleh pemerintah pusat (melalui) SSGI (Survei Status Gizi Indonesia) itu adalah hasil survei, tidak tau orangnya siapa, makanya kita melakukan pengukuran terhadap seluruh balita kita dan ditemukanlah 15,6% by name by adress-nya ada, sehingga ketika ditemukan by name by adress penanganannya pun langsung,” katanya.

Selain itu, lanjut Helmi, penghargaan ini juga diberikan atas inovasi Pemdakab Garut yang mengeluarkan anggaran untuk pemberian makanan tambahan (PMT) berupa susu dan telur, yang memiliki pengaruh luar biasa terhadap pertumbuhan tinggi badannya.

BACA JUGA: 4 Paket Wisata Murah di Tasikmalaya di Bawah 100K, untuk Liburan Akhir Tahun Sambut 2023

Helmi menambahkan pihaknya akan terus melakukan langkah-langkah untuk mencapai target dari pemerintah pusat yaitu 14% di tahun 2024.

Dia mengatakan berdasarkan survei SSGI tahun ini, terdapat penurunan sebesar 15% di mana yang sebelumnya 35% menjadi 20%.

”Mudah-mudahan ada penurunan dan tentu perhatian bagaimana kita harus menyiapkan gizi lagi buat anak anak itu yang berkelanjutan. Yang kedua ya, kita tidak boleh ada lagi anak yang lahir dengan tinggi badan yang dibawah standar, nah ini caranya bagaimana agar ibu hamil bahkan sebelum hamil, ketika nikah pun ini harus terdeteksi ini. Jadi kita fokus bagaimana kepada anak baru lahir jangan sampai ada yang stunting,” ucapnya.

Helmi menegaskan permasalahan stunting ini merupakan tanggung jawab bersama. Ia menyampaikan, saat ini pihaknya sedang fokus untuk menyiapkan generasi muda ke depan demi menuju generasi emas di tahun 2024.

BACA JUGA: Suryaputra Sarana Buka Loker Terbaru untuk Posisi Sales Supervisor Hingga Sales Executive, Penempatan Ciamis

”Jangan sampai ada yang stunting, makanya mari kita bergerak semuanya memperhatikan tetangga kita, memperhatikan saudara saudara kita, terutama lingkungan, perhatikan lingkungan jangan sampai lingkungannya tidak bersih ya, lingkungannya kotor karena faktor lingkungan yang paling besar,” ujarnya.

Berikut kabupaten/kota yang meraih penghargaan dengan Kategori Delapan Aksi Konvergensi:

Kabupaten/Kota Terbaik

1. Kabupaten Sumedang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: portaljabarprovgoid