Aturan Baru Tol Nontunai Nirsentuh, STNK Diblokir Jika Tidak Bayar Tol

Aturan Baru Tol Nontunai Nirsentuh, STNK Diblokir Jika Tidak Bayar Tol

Aturan baru tol nontunai nirsentuh uji coba mulai Juni 2023. Salah satu sanksi aturan baru tol 2023 adalah sanksi STNK diblokir jika tidak bayar tol.-Ilustrasi foto: BPJT-

BACA JUGA: Klir! Kualitas CNG Setara Pertamax Turbo RON 98, Harga CNG di Bawah Pertalite, Ini Keuntungan Pakai CNG

”Jadi jangan sampai, hanya gara-gara kita tidak bayar tol Rp10.000 lalu STNK diblokir,” sebut dia dalam acara Dialog Teknologi dan Pameran: Implementasi MLFF untuk Peningkatan Pelayanan Jalan Tol, kemarin.

Sedangkan Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit menjadi Keynote Speaker pada acara tersebut.

Dia menyampaikan hadirnya sistem tol nontunai nirsentuh MLFF akan mewujudkan perubahan sistem pembayaran dari dulunya tunai non tunai menggunakan e-Toll, selanjutnya menerapkan sistem cashless tanpa sentuh.

”Sehingga dengan adanya langkah ini kita membawa jaringan jalan tol yang ada maupun terus bertambah dalam mendukung sistem logistik yang efisien dan berdaya saing dengan sentuhan teknologi untuk menjaga mutu maupun kualitas lingkungan,” ujarnya dilansir laman BPJT.

BACA JUGA: STNK Diblokir Jika Tidak Bayar Tol, Aturan Baru 2023

Danang mengatakan hingga saat ini total jaringan jalan tol di Indonesia telah mencapai 2.578 km.

Nantinya, challenge pembangunan jalan tol di Indonesia akan terus bertambah. Sehingga, kita memiliki 3 strategi pokok yakni Transformasi, Inovasi, serta Modernisasi.

Salah satu aspek modernisasinya adalah user experience dengan 4 juta transaksi per hari di gerbang tol melalui sistem tapping akan memberikan kelambatan transaksi yang menyebabkan kemacetan.

”Melalui upaya inovasi teknologi yang semakin modern ini akan menghemat bahan bakar dan menjaga lingkungan yang lebih baik sehingga mengurangi dampak perubahan iklim yang signifikan, dan tentunya waktu tempuh berkendara semakin cepat dan efisien," kata dia.

BACA JUGA: PT Indo Marta Prima Lowongan Kerja Terbaru untuk Posisi Fakturis, Syarat Minimal Pendidikan SMK

Danang mengharapkan dengan melibatkan para narasumber yang andal ini dapat menerima berbagai masukan mengenai sistem MLFF melalui literasi teknologi semakin lebih baik yang akan dikenalkan di tahun 2023.

Selain itu masyarakat juga mendapatkan jaringan jalan tol yang lebih baik dan manfaat lebih besar dari kehadiran jalan tol.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: