Klir! Kualitas CNG Setara Pertamax Turbo RON 98, Harga CNG di Bawah Pertalite, Ini Keuntungan Pakai CNG

Klir! Kualitas CNG Setara Pertamax Turbo RON 98, Harga CNG di Bawah Pertalite, Ini Keuntungan Pakai CNG

Kualitas CNG setara Pertamax Turbo RON 98. Namun harga bakar baru hanya Rp 3 ribuan. Foto: Pertamina--

JAKARTA, RADARTASIK.COM — Pemerintah akan memasalkan bahan bakar baru CNG gantikan Pertalite.

Berbasis gas, CNG pengganti BBM. Jadi pemilik kendaraan, nelayan dan pemilik usaha angkutan umum dan barang bisa menggunakan CNG.

Jangan khawatir, meski harga CNG hanya Rp 3 ribuan per liter, namun kualitas CNG setara Pertamax Turbo RON 98. Jadi CNG oktannya tinggi.

Dengan demikian, dengan harga yang jauh di bawah Pertalite (sekarang Pertalite Rp 10 ribu per liter), kualitas CNG setara Pertamax Turbo RON 98 yang dijual Rp 15.200 per liter untuk Jawa Barat.

Di Jakarta, penggunaan CNG bahan bakar baru pengganti Pertalite itu telah diaplikasikan untuk antara lain di bus Transjakarta. 

Jadi di tengah harga BBM naik, bahan bakar baru CNG sebagai pengganti Pertalite membawa angin segar bagi masyarakat.

Terlebih kualitas CNG setara Pertamax Turbo RON 98, namun harga CNG jauh di bawah Pertalite.

CNG bahan bakar baru pengganti Pertalite dihadirkan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) karena pemerintah memiliki rencana pembatasan penggunaan BBM bersubsidi.

CNG Bisa Dipakai untuk Motor dan Mesin Perahu Nelayan

Pertamina telah melakukan berbagai pengujian CNG, baik untuk sepeda motor, mobil hingga perahu nelayan.

Harus diketahui bahwa CNG mirip dengan LGV yang telah terlebih dahulu digunakan, dengan kualitas yang sama, namun CNG mempunyai tekanan yang jauh lebih tinggi dari LGV.

Nah, kualitas pembakaran LGV setara dengan RON 98 dan ramah lingkungan, namun mempunyai tekanannya berkisar antara 8-12 bar sedangkan CNG mempunyai tekanan mencapai 200 bar.

Jadi, penggunaan kualitas CNG setara Pertamax Turbo tersebut membutuhkan penanganan yang lebih baik agar memiiliki keamanan yang dalam pengaplikasiannya di kendaraan.

Bagaimana dengan keamanan bahan bakar baru pengganti Pertalite itu? Pertamina telah menyiapkan tangki CNG setara Pertamax Turbo yang terbuat dari baja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: