Dalam 5 Jam Kota Tasikmalaya Diguncang Gempa 3 Kali, Jangan Panik, Hindari Bangunan Berpotensi Roboh

Dalam 5 Jam Kota Tasikmalaya Diguncang Gempa 3 Kali, Jangan Panik, Hindari Bangunan Berpotensi Roboh

BPBD Kota Tasikmalaya dan relawan dalam simulasi mitigasi bencana mulai kebakaran hingga gempa gumi.-bpbd kota tasik for radartasik.disway.id-

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tasikmalaya meminta warga agar jangan panik saat gempa terjadi untuk mengurangi risiko. Ini menyusul dalam 5 jam Kota Tasikmalaya diguncang gempa 3 Kali.

Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Kota Tasikmalaya Ucu Anwar menyebutkan, gempa bumi menimbulkan dampak baik secara langsung maupun tidak langsung. 

Dampak gempa bumi secara langsung, kata dia, gempa bumi dapat menyebabkan guncangan, sobekan permukaan, likuifaksi, rock fall, longsoran, dan rusaknya bangunan. 

Sedangkan dampak gempa bumi yang terjadi secara tidak langsung dapat mengakibatkan Tsunami, mass wasting, banjir, kebakaran, bangunan roboh atau lainnya. “Ini fenomena yang tidak bisa dihindari,” ungkapnya.

BACA JUGA:Tadi Subuh, Gempa Berpusat di Tasikmalaya, Kedalamannya 10 Km, Ini Kata BMKG

Untuk itu Ucu Anwar meminta warga Kota Tasikmalaya jangan panik. Menurutnya, warga agar bisa mengindari gedung atau bangunan yang berpotensi roboh. 

Salah satu caranya dengan menuju areal terbuka atau tanah lapangan. Lantas bangaimana jika berada di dalam gedung? 


BPBD Kota Tasikmalaya membentuk tim relawan dari kalangan pelajar dan mahasiswa Unsil sekaligus mengedukasi kepada mereka tentang mitigasi bencana.-bpbd kota tasik for radartasik.disway.id-

Cara efektif menghindari risiko saat gempa terjadi, bagi warga yang berada di dalam gedung jangan panik. Berikut cara efektif untuk menghindari risiko saat gempa:

1. Lihat dan amati jalur evakuasi di sebuah gedung.

2. Turun melalui tangga darurat (tdk menggunakan Lift).

3. Hindari jatuhnya benda keras dengan melindungi bagian kepala.

4. Ikuti guidence dari petugas setempat.

BACA JUGA:Waspada, Dalam 5 Jam, Kota Tasikmalaya 3 Kali Diguncang Gempa, Ini yang Harus Disiapkan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: