Waspada, Dalam 5 Jam, Kota Tasikmalaya 3 Kali Diguncang Gempa, Ini yang Harus Disiapkan

Waspada, Dalam 5 Jam, Kota Tasikmalaya 3 Kali Diguncang Gempa, Ini yang Harus Disiapkan

Kota Tasikmalaya diguncang gempa bumi. Tangkapan layar BMKG--

TASIKMALAYA, RADARTASIKMALAYA.COM -  Kota Tasikmalaya Kota 3 kali diguncang dalam kurun waktu 5 jam, Gempa pertama berkekuatan 2,9 SR terjadi hari Minggu, 4 Desember pukul 04.34 menjelang subuh dengan kedalam 10 Km.

Kemudian kembali gempa pukul 04.39 WIB berkekuatan 2,8 magnitudo kedalaman 10 kilometer. Lokasinya 8 kilometer tenggara Kota Tasikmalaya.

Selang 5 jam kemudian, pukul 09.57 WIB terjadi lagi gempa ketiga berkekuatan2,9 SR di arah tenggara Kota Tasikmalaya menurut BMKG.

Tidak seperti gempa pertama yang mengakibatkan warga keluar rumah, gempa kedua terjadi hanya dalam beberapa detik dan banyak warga yang tidak merasakanya.

Namun, 2 kali gempa yang mengguncang Kota Tasikmalaya dalam 5 jam membuat sebagian warga menjadi waspada, Meli salah seorang warga Kota Tasikmalaya memutuskan untuk tidak keluar rumah.

BACA JUGA:Diprovokasi Aziz Behich, Lionel Messi Menunjukkan Dirinya Lebih Besar dari Australia

Ia mengurungkan niatnya mengunjungi salah satu pusat perbelanjaan di Kota Tasikmalaya.

“Sieun ikhh, (takut ikh), tadina ek ulin tapi sieun, (rencananya mau main, tapi takut), nu beuu mah gede ihhh, (yang barusan mah besar) ngariegna karasa pisan (getarannya terasa banget),” tuturnya.

Sementara itu, dikutip dari pusatkrisis.kemkes.go.id, kunci dari sebuah keberhasilan dalam menghadapi gempa bumi adalah pengetahuan mengenai apa saja yang perlu dilakukan. 

Hal ini sangat berguna karena akan meminimalisir risiko kematian atau luka berat selama masa berlindung dan masa evakuasi. 

BACA JUGA:Seleksi Calon Pendamping Kelurahan di Pemkot Tasik, Berikut Tata Cara Pendaftarannya

Berikut ini adalah beberapa hal penting yang harus dilakukan oleh masyarakat sebelum datangnya gempa bumi :

1. Kenali lingkungan tempat tinggal, maupun tempat anda bekerja untuk mengetahui tempat paling aman untuk berlindung dan mengevakuasi diri.

2. Mengevaluasi dan merenovasi struktur bangunan agar terhindar dari bahaya gempa bumi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: