Waspada, Kota Tasikmalaya Terancam Cuaca Ekstrem hingga Februari 2023, Kurangi Risiko Bencana

Waspada, Kota Tasikmalaya Terancam Cuaca Ekstrem hingga Februari 2023, Kurangi Risiko Bencana

Penjabat Wali Kota Tasikmalaya, Cheka Virgowansyah melepas keberangkatan tim BPBD dan kesehatan menuju Cianjur, Senin 28 November 2022. Foto: rezza rizaldi / radartasik.com--

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM — Waspada, Kota Tasikmalaya terancam cuaca ekstrem hingga Februari 2023.

Berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), pada bulan November tahun 2022 hingga Februari 2023 berpotensi terjadinya cuaca ekstrem. Seperti halnya hujan lebat disertai petir dan angin kencang. 

Pada periode tersebut, potensi bencana hidrometeorologi yang juga dapat berupa banjir, tanah longsor dan angin kencang berpotensi terjadi juga di Kota Tasikmalaya dan sekitarnya. 

Berdasarkan data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Tasikmalaya, pada periode 1 Januari 2022 sampai dengan 12 November 2022 telah terjadi 507 kejadian.

BACA JUGA: Hore, Harga BBM Pertamina Akan Turun Lagi, Cek Harga Pertalite, Pertamax dan Solar di 34 Provinsi Hari Ini

BACA JUGA: Catat, Ini Cara Mudah Membedakan Oli Asli dan Oli Palsu, Paling Gampang Cek Tutup Botol Kemasannya

Ratusan kejadian itu diantaranya disebakan oleh parameter hidrometeorologi seperti curah hujan, kelembaban, temperatur dan angin. Mulai dari banjir 11 kejadian, angin puting beliung 40 kejadian dan longsor 83 kejadian. 

Hal itu dikatakan Penjabat (Pj) Wali Kota Tasikmalaya, Cheka Virgowansyah, Senin 28 November 2022 usai Apel Kesiapsiagaan menghadapi bencana Hidrometeorologi di halaman Bale Kota.

"Apel ini merupakan bentuk tanggung jawab kita bersama dalam memberikan rasa aman dan upaya mengurangi resiko bencana pada masyarakat. Terutama masyarakat yang hidup di daerah rawan bencana," papar Cheka Virgowansyah.

Apel kesiapsiagaan ini, terang Cheka Virgowansyah, juga dilakukan untuk meningkatkan kesadaran dan gotong royong seluruh elemen dalam menyikapi kemungkinan terjadinya bencana. 

BACA JUGA: UMP Jabar 2023 Naik Signifikan, Good Bye UMK Rp 1,8 Juta, Cek UMK di Jawa Barat Saat Ini

BACA JUGA: Wow, 10 Daerah UMK Tertinggi di Jabar Saat Ini, Alhamdulillah UMP Jawa Barat Naik 2023, Cek di Sini Ya

"Sekaligus mengukur kekuatan daerah dalam menghadapi ancaman bencana dengan mengerahkan semua potensi yang dimiliki daerah," terang Cheka Virgowansyah.

Oleh karena itu, tambah Cheka Virgowansyah, apel kesiapsiagaan ini diharapkan dapat dijadikan sebagai momentum untuk membangun kolaborasi antara pemerintah daerah, TNI, Polri, dunia usaha, para relawan dan seluruh elemen masyarakat. Terlebih Kota Tasikmalaya terancam cuaca ekstrem hingga 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: