Gempa Terkini Cianjur, Polres Tasikmalaya Kota dan Polres Tasikmalaya Sigap Kirim Bantuan, Malam Ini Berangkat

Gempa Terkini Cianjur, Polres Tasikmalaya Kota dan Polres Tasikmalaya Sigap Kirim Bantuan, Malam Ini Berangkat

Polres Tasikmalaya Kota memberikan bantuan 1 ton beras untuk korban gempa Cianjur yang diberangkatkan malam ini, Senin 21 November 2022.-Istimewa-radartasik.disway.id

"Ya sedikitnya 350 paket sembako berisikan beras, mie instan dan makanan siap saji. Kami juga mengirimkan 100 tenda," ujar Suhardi Hery Haryanto. 

BACA JUGA:Gempa Terkini Cianjur, Ruang Rapat Paripurna DPRD Ambrol, Toko Mas Tertimbun

Suhardi menyebut tim akan diberangkatkan pada malam hari setelah melaksanakan sholat Isya. 

"Kami mohon doa, seluruh anggota yang kami berangkatkan agar selamat sampai tujuan dan bisa memberikan bantuan maksimal kepada saudara-saudara kita di Cianjur," ucap Suhardi Hery Haryanto," katanya. 

Sementara informasi gempa terkini Cianjur melalui laporan resmi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyampaikan, gempa bumi terjadi Senin 21 November 2022 siang dengan pusat gempa berada di 10 KM barat daya Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat.

Korban jiwa dan kerusakan infrastruktur terjadi di beberapa daerah terdampak. 

BACA JUGA:Hingga Sore, Korban Gempa Cianjur: 46 Meninggal Dunia, Lebih 700 Luka-Luka, Butuh Dokter Bedah Patah Tulang

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto mengatakan, BNPB melakuan upaya penanganan bencana gempa bumi di Cianjur. 

“BNPB terus melakukan pendataan jumlah korban, korban jiwa khususnya di Kabupaten Cianjur  17 orang meninggal dunia dan 19 orang warga alami luka-luka cukup berat,” ujar Suharyanto saat melakukan keterangan pers Senin 21 November 2022 pukul 16.15 WIB. 

"BNPB akan menempatkan satu unit helikopter untuk mempermudah penanganan darurat bencana, evakusi dan pendistribusian logistik ke lokasi-lokasi terisolir," tuturnya. 

Berdasarkan pendataan yang disusun oleh Pusat Pengendalian dan Operasi (Pusdalops) BNPB, dampak yang diakibatkan gempa tersebut turut merusak beberap bangunan, seperti 343 unit rumah rusak berat, satu unit pondok pesantren rusak berat, RSUD Cianjur alami rusak sedang.

BACA JUGA:Gempa Terkini Cianjur 5 Orang Meninggal, Teras Hingga Kabupaten Tasikmalaya 

Kemudian empat unit Gedung pemerintah, tiga unit fasilitas pendidikan, satu unit sarana ibadah, satu unit toko dan satu unit cafe juga alami kerusakan, serta ada jalanan yang terputus. 

Lebih lanjut dirinya mengatakan, akan segera menuju ke lokasi terdampak untuk melakukan upaya percepatan penanganan gempa. 

“Besok pagi saya akan ke lokasi, untuk melaksanakan pendampingan terhadap langkah-langkah penanganan gempa di Cianjur, selain itu untuk memastikan pemenuhan kebutuhan masyarakat terdampak” lanjutnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: