Cheka Virgowansyah: Pasar Murah Rakyat Bantu Turunkan Angka Inflasi, Ini Daftar Harga Kebutuhan Dapur

Cheka Virgowansyah: Pasar Murah Rakyat Bantu Turunkan Angka Inflasi, Ini Daftar Harga Kebutuhan Dapur

Pj Wali Kota Tasikmalaya, Cheka Virgowansyah saat tiba di lokasi Pasar Murah Rakyat di Alun-Alun Indihiang, Senin 21 November 2022. Foto: rezza rizaldi / radartasik.com--

Lalu, menjaga stabilitas harga bahan pangan pokok masyarakat di pasaran dan menjaga angka inflasi relatif kecil dan terkendali.

"Berdasarkan data BPS pada Oktober  2022 Kota Tasikmalaya mengalami inflasi tahun kalender atau year to date (ytd)  sebesar 5,90 persen dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) umum sebesar minus 0,05 persen," bebernya.

Cheka Virgowansyah menambahkan, inflasi ini terjadi karena adanya kenaikan harga yang ditunjukkan oleh naiknya sebagian besar indeks kelompok pengeluaran.

Yaitu kelompok transportasi sebesar 0,49 persen, kelompok pakaian dan alas kaki sebesar 0,21 persen, kelompok kesehatan sebesar 0,14 persen, kelompok informasi, komunikasi, jasa keuangan sebesar 0.09 persen dan lain sebagainya.

"Nilai inflasi yang cukup tinggi tersebut dapat menyebabkan pendapatan riil masyarakat terus tergerus, karena harga barang yang semakin mahal. Kita berharap akhir November ini bisa turun di bawah 5,90 persen," tambahnya.

Sementara itu Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Tasikmalaya, Aswin Kosotali menandaskan, fokus dari pasar murah ini salah satu signifikan untuk memastikan ketersediaan beberapa komoditas di masyarakat.

"Karena kegiatan ini bisa menyumbang inflasi di November dan semoga tren angkanya turun serta bisa membantu inflasi secara nasional," tandasnya.

Berikut Daftar Harga Kebutuhan Dapur di Pasar Murah Rakyat Kota Tasikmalaya:

- Tomat 5 buah Rp 5.000.

- Cabai merah satu wadah Rp 5.000.

- Manisan Tomat per bungkus Rp 2.500.

- Kripik pisang setengah kilogram Rp 12.500.

- Telur asin 3 pics Rp 10.000.

- Pepes ikan emas 1 bungkus isi 3 ekor Rp 15.000.

- Ayam pejantan Rp 22.000 per ekor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: