Bagaimana Cara FIFA Menghasilkan Uang dari Sepak Bola?

Bagaimana Cara FIFA Menghasilkan Uang dari Sepak Bola?

FIFA Keluarkan Biaya Rp 3,1 Triliun Untuk Klub Pengikut Piala Dunia--Twitter

RADARTASIK.COM – Banyak orang yang menanyakan bagaimana cara FIFA menghasilkan uang dari sepak bola, padahal mereka harus mengeluarkan total hadiah sebesar $440 juta di Piala Dunia Qatar 2022 ini. 

Diketahui, pemenang Piala Dunia Qatar 2022 akan menerima hadiah $44 juta dari total hadiah sebesar $440 juta yang dibayarkan oleh FIFA.

Lalu, darimana FIFA mendapatkan uang sebanyak itu, berkaca dari Piala Dunia Rusia 2018, beginilah beginilah cara FIFA,  menghasilkan uang dari sepak bola.

Pada tahun 2018, ketika Piala Dunia diselenggarakan di Rusia, FIFA menghasilkan pendapatan lebih dari $4,6 miliar.

BACA JUGA:Uni Emirat Arab 0 vs Argentina 5: Lionel Messi dan Angel Di Maria Jadi Bintang

FIFA membayar komite penyelenggara Piala Dunia, uang hadiah, perjalanan dan akomodasi untuk tim dan staf pendukung, ditambah dana untuk membantu mengembangkan olahraga di negara tuan rumah setelah Piala Dunia usai.

FIFA selalu mengatur akunnya dalam siklus empat tahun di setiap Piala Dunia. Untuk siklus 2015-18, FIFA menghasilkan $6,4 miliar. Pada tahun 2021, satu tahun tanpa penyelenggaraan  Piala Dunia, FIFA menerima $766 juta .

Dikutip dari Al Jazeera salah cara FIFA menghasilkan uang dari sepak bola melalui hak siar televisi.

Sebagian besar pendapatan FIFA berasal dari penjualan hak siar TV untuk Piala Dunia dan turnamen internasional lainnya, tahun 2021 badan sepak bola dunia tersebut mendapat  $4,6 miliar dari hak siar TV .

BACA JUGA:Mengintip Kekuatan Argentina, Calon Juara di Piala Dunia Qatar 2022, Panggung Terakhir Lionel Messi

Total pendapatan FIFA pada tahun 2021 diketahui sebesar $6,4 miliar.

Berikutnya dari hak pemasaran atau iklan, banyak merek global membayar FIFA untuk mendapatkan hak beriklan di acara yang diadakan badan sepak bola dunia itu. 

Merek-merek terbesar di dunia dapat bermitra dengan FIFA dalam rencana pengembangan dan tanggung jawab sosialnya, yang berarti mereka mendapat keuntungan dan berinvestasi dalam olahraga sepak bola di tingkat internasional, nasional, dan lokal.

Merek terbesar berikutnya diizinkan untuk beriklan di Piala Dunia yang menjadi satu-satunya acara televisi yang paling banyak ditonton di planet ini. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: al jazeera