Dr Aqua Dwipayana: Pelayanan Pajak Terkait Erat dengan Keterampilan Berkomunikasi
Kepala KPP Pratama Jambi Pelayangan Subandiyono (dua dari kiri) menjemput Dr Aqua Dwipayana (tengah) di Bandara Sultan Thaha Jambi pada Senin (14/11/2022) siang.-Dok. Radartasik.com-
”Oleh karena itu, cara bagaimana kita menyampaikan pesan kepada orang lain menjadi sangat penting. Keterampilan berkomunikasi efektif menjadi syarat mutlak tersampaikannya pesan pelayanan publik tersebut dengan baik,” kata Staf Ahli Ketua Umum KONI Pusat Bidang Komunikasi Publik ini.
Pria yang telah menulis belasan buku yang sebagian ”super best seller” ini lebih jauh menguraikan untuk menunjang apapun pekerjaan yang dijalani, kita harus memiliki kompetensi komunikasi yang efektif. Hal ini menjadi kunci dalam keberhasilan pelayanan.
Dr Aqua menjabarkan beberapa hal yang dapat dipelajari dalam memberikan pelayanan publik yang prima.
Pertama, sikap yang baik menjadi dasar yang menggambarkan karakter.
Kemudian, perhatian sederhana pun bakal membuat orang yang diajak berkomunikasi senang, seperti menyampaikan salam yang sopan dan ramah, menanyakan keperluan dengan bahasa yang sopan, mendengarkan dengan baik setiap perkataan mereka, dan menunjukkan sikap empati kepada mereka.
”Aspek lainnya, menunjukkan atensi kepada mereka dan melakukan tindakan untuk menanggapi kebutuhan konsumen tersebut. Terakhir, untuk menunjang pelayanan yang maksimal, maka penampilan diri juga harus diperhatikan,” ujar Dr Aqua menegaskan.
Lebih jauh bapak dari Alira Vania Putri Dwipayana dan Savero Karamiveta Dwipayana itu menyampaikan, inti atau pusat dari sebuah pelayanan publik terletak pada cara berkomunikasi dan saling memahami dalam berinteraksi dengan orang lain.
Oleh karena itu, cara bagaimana kita menyampaikan pesan kepada orang yang diajak berkomunikasi menjadi sangat penting. Keterampilan berkomunikasi efektif merupakan syarat mutlak tersampaikannya pesan pelayanan publik tersebut dengan baik.
Anggota Dewan Pakar Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI) Pusat ini menguraikan tentang prinsip-prinsip komunikasi prima.
”Pertama, setiap tindakan dalam pelaksanaan pelayanan berpotensi komunikasi. Kedua, komunikasi bertujuan mempengaruhi, menguasai opini, dan mengajak kerja sama,” ujar Dr Aqua.
Selanjutnya, komunikasi berkepentingan memberikan makna atas setiap interaksi sehingga tidak terjadi kesalahpahaman dan dapat mewujudkan hubungan yang saling menguntungkan. Keempat, semakin dekat hubungan psikososial individu/organisasi terhadap kebutuhan/ keinginan pelanggan, makin efektif komunikasi yang dilakukan.
Prestasi Melampaui Target
Kepala KPP Pratama Jambi Pelayangan Subandiyono menjelaskan dalam dua tahun terakhir KPP yang dipimpinnya mencatat prestasi melampaui target dalam hal penerimaan pajak.
”Target penerimaan 2021 tercapai sebesar 113%, sedangkan target penerimaan 2022 hingga 11 November 2022 sudah tercapai 100% dari Rp 1,9 triliun. Artinya, insya Allah sampai akhir tahun juga melebihi target yang ditetapkan,” ungkapnya.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: