Hal Baru di Piala Dunia Qatar 2022: Gunakan Wasit Wanita dan Kecerdasan Buatan untuk Offside

Hal Baru di Piala Dunia Qatar 2022: Gunakan Wasit Wanita dan Kecerdasan Buatan untuk Offside

Ilustrasi Piala Dunia Qatar 2022 -Tangkapan Layar Instagram FIFA-

Beberapa liga sepak bola, termasuk La Liga Spanyol dan Major League Soccer di Amerika Serikat, telah menerapkan perubahan tersebut selama dua tahun terakhir.

Kickoff Bulan November

Tidak seperti turnamen sebelumnya, Qatar 2022 akan berlangsung selama bulan November dan Desember. Selama turnamen, suhu diperkirakan berkisar antara 14C hingga 31C.

Sebelumnya, Piala Dunia selalu diselenggarakan pada musim panas pada bulan Juni dan Juli. Perubahan itu dilakukan untuk menghindari suhu tinggi di Qatar, yang bisa mencapai hingga 50C  selama periode tersebut.

Daftar Pemain yang Lebih Banyak

Negara peserta Piala Dunia Qatar 2020 akan mendapat tambahan tiga pemain yang didaftarkan, dengan total 26 pemain,  lebih banyak dari yang diizinkan di Piala Dunia di Rusia.

Menurut FIFA, perubahan itu dilakukan karena turnamen diadakan pada November dan gangguan yang disebabkan oleh pandemi COVID-19.

Daftar skuad awal Piala Dunia juga diperluas dari maksimal 35 pemain menjadi 55.

Wasit wanita

Untuk pertama kalinya di Piala Dunia, tiga wasit wanita dimasukkan di antara 36 wasit yang dipilih untuk Qatar 2022.

Stephanie Frappart dari Prancis, Yoshimi Yamashita dari Jepang, dan Salima Mukansanga dari Rwanda sebelumnya pernah memimpin turnamen sepak bola putra, termasuk Piala Super UEFA dan Piala Afrika.

“Ini pertanda kuat dari FIFA dan pihak berwenang untuk memiliki wasit wanita, Saya bukan juru bicara feminis, tetapi jika ini bisa membuat sesuatu terjadi …” kata Frappart dikutip dari Al Jazeera. 

Negara Terkecil yang Menjadi Tuan Rumah

Dengan luas sedikit lebih dari 11.500 km persegi (4.440 mil persegi) dan populasi sekitar 2,9 juta, Qatar akan menjadi negara terkecil yang pernah menjadi tuan rumah turnamen unggulan FIFA.

Kedelapan stadion terletak dalam radius 50 km dari ibu kota Doha. Selama babak penyisihan grup, akan ada 4 pertandingan yang dilangsungkan setiap hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: al jazeera