Hal Baru di Piala Dunia Qatar 2022: Gunakan Wasit Wanita dan Kecerdasan Buatan untuk Offside

Hal Baru di Piala Dunia Qatar 2022: Gunakan Wasit Wanita dan Kecerdasan Buatan untuk Offside

Ilustrasi Piala Dunia Qatar 2022 -Tangkapan Layar Instagram FIFA-

RADARTASIK.COM -  Banyak hal baru di Piala Dunia Qatar 2022, termasuk gunakan wasit wanita dan kecerdasan buatan untuk memutuskan offside.

Piala Dunia Qatar 2022 menjadi turnamen pertama kalinya yang diadakan di musim dingin, diperkirakan akan menarik lebih dari 1,2 juta pengunjung.

Dikutip dari Al Jazeera, berikut hal baru yang cuma ada di Piala Dunia Qatar 2022.

Penggunaan Kecerdasan Buatan untuk Offside

BACA JUGA:Pecahkan Rekor Box Office Mingguan, Black Panther: Wakanda Forever Disebut Film Terbaik Produksi Marvel

Pada bulan Juli, badan sepak bola dunia, FIFA, mengumumkan penggunaan sistem offside semi-otomatis dengan menggunakan kecerdasan buatan (AI) untuk membantu wasit membuat keputusab offside yang cepat dan akurat.

Menurut peraturan FIFA, seorang pemain dianggap offside jika “setiap bagian dari kepala, tubuh atau kaki berada di setengah bagian lawan (tidak termasuk garis tengah) dan setiap bagian dari kepala, tubuh atau kaki lebih dekat ke garis gawang lawan daripada bola dan lawan kedua terakhir”.

Teknologi kecerdasan buatan akan menggunakan sensor dalam bola dan sistem kamera pelacak anggota tubuh untuk mengikuti pergerakan pemain. 

Untuk membantu penggemar dan penonton di rumah memahami keputusan wasit, data akan digunakan untuk memproyeksikan gambar 3D di layar stadion.

BACA JUGA:Seleksi PPPK 2022 Dibuka, Instansi Ini Banyak Diburu, Perhatikan Tata Cara Pendaftarannya

Pergantian Pemain

32 negara yang ikut Piala Dunia Qatar 2022 akan diizinkan melakukan lima pergantian pemain di setiap pertandingan dibandingkan dengan tiga pemain saat Piala Dunia sebelumnya di Rusia pada 2018.

Peraturan tersebut diperkenalkan pada tahun 2020 setelah melakukan analisis global tentang dampak berkelanjutan dari COVID-19 pada sepak bola.

Jika pertandingan memasuki perpanjangan waktu, setiap tim diperbolehkan melakukan satu pergantian pemain tambahan lagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: al jazeera