Kereta Cepat Bandung-Jakarta Catatkan Rekor, Jadikan Indonesia Negara Pertama di ASEAN Punya Kereta Cepat

Kereta Cepat Bandung-Jakarta Catatkan Rekor, Jadikan Indonesia Negara Pertama di ASEAN Punya Kereta Cepat

Kereta cepat Bandung Jakarta-Instagram/Ridwan Kamil---

JAKARTA, RADARTASIK.COMKereta Cepat Bandung-Jakarta catatkan rekor, jadikan Indonesia negara pertama di ASEAN punya Kereta Cepat.

Demikian dikatakan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumad. Dia pun mengaku bangga atas pencapaian tersebut.

"Suatu kebanggaan bahwa Indonesia menjadi negara pertama yang memiliki dan mengoperasikan kereta cepat di ASEAN," kata Budi Karya Sumadi di Tegalluar, Bandung, Jawa Barat beberapa waktu lalu.

Budi Karya Sumadi juga mengungkapkan bahwa Kereta Cepat Bandung-Jakarta adalah kereta cepat pertama di ASEAN dengan kecepatan 350 km/jam.

"Jadi kita bayangkan ada suatu kereta cepat dan mampu dengan kecepatan 350 km/jam beroperasi," sambung Budi Karya Sumadi.

Menhub Budi Karya Sumadi saat itu melakukan peninjauan perkembangan proyek pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.

"Saya tadi ke Padalarang guna memastikan perjalanan dari Jakarta menuju Bandung dengan waktu yang baik, yakni Jakarta-Padalarang 30 menit dan dari Padalarang ke Bandung 22 menit sehingga totalnya 52 menit," kata Budi Karya Sumadi.

Nantinya, kata Budi Karya Sumadi, Kereta Cepat Bandung-Jakarta akan memiliki waktu antara atau headway 26 menit.

Seperti dilansir radartasik.com dari laman resmi kcic bahwa Kereta Cepat Bandung-Jakarta akan menggunakan generasi terbaru CR400AF. 

Kereta Cepat Bandung-Jakarta akan menggunakan generasi terbaru CR400AF memiliki panjang trase 142,3 km yang terbentang dari Jakarta hingga Bandung. 

Kereta Cepat Jakarta-Bandung juga memiliki 4 stasiun pemberhentian Halim, Karawang, Padalarang, Tegalluar dengan satu depo yang berlokasi di Tegalluar. 

Nah, setiap stasiun akan terintegrasi dengan moda transportasi massal di setiap wilayah.

Pembangunannya dilakukan secara masif untuk mengejar target operasional akhir tahun 2022 mendatang. 

Dari total panjang trase kereta cepat, lebih dari 80 km di antaranya memiliki struktur elevated sedangkan sisanya berupa 13 tunnel dan subgrade. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: fin.co.id