Jawa Barat Sudah Siap Beralih dari Siaran TV Analog ke Digital

Jawa Barat Sudah Siap Beralih dari Siaran TV Analog ke Digital

Komisioner Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jawa Barat, M Sudama Dipawikarta saat sosialisasi program digitalisasi penyiaran dan Analog Switch Off (ASO) kepada masyarakat di Alun-alun Sangkala Buana Kasepuhan Cirebon, Sabtu siang, 29 Okttober 2022--radarcirebon.com

CIREBON, RADARTASIK.COM – Jawa Barat sudah siap beralih dari siaran TV analog ke digital, atau program digitalisasi penyiaran dan Analog Switch Off (ASO).  

Komisioner Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jawa Barat, M Sudama Dipawikarta mengatakan, sebagian besar masyarakat Jawa Barat sudah siap bila Pemerintah memberlakukan ASO atau penghentian siaran televisi (TV) analog dan digantikan dengan siaran digital.

"Berdasarkan penelitian yang dilakukan, pengguna TV digital di Jawa Barat baru 25 persen. Bukan berarti yang 75 persen analog, karena yang analog itu berdasarkan hasil riset 30 persen," katanya saat ditemui radarcirebon.

Untuk menggaungkan hal ini, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Republik Indonesia gencar melakukan sosialisasi program digitalisasi penyiaran dan ASO kepada masyarakat.

BACA JUGA:Butuh Uang Main Judi Slot, Mobil Kakak Kandungnya Dicuri Saat Ditinggal Pergi ke Pasar

BACA JUGA:Ini Raja Playboy Asal Majalengka, Nikah 87 Kali, Kisah Lengkapnya Begini

Seperti di lapangan Alun-alun Sangkala Buana Kasepuhan Cirebon, Sabtu siang 29 Oktober 2022, menggelar lomba senam Zumba. 

Dalam kesempatan ini, Kemenkominfo memberikan sosialisasi dan pemahaman tentang penghentian siaran televisi analog. 

Hal ini tentu saja agar masyarakat mengetahui dan terdorong untuk segera beralih ke siaran digital.

Menurut Sudama, masyarakat Jawa Barat saat ini sebagian besar sudah menggunakan TV kabel berlanganan atau streaming.

BACA JUGA:Gus Miftah Sebut Nama Pemimpin Indonesia Cocok Berakhiran Huruf O

BACA JUGA:Dari 8 Penumpang, 3 Orang Luka Akibat Dua Unit Mobil Ringsek Terhantam Batu Longsor di Cadas Pangeran Sumedang

"Jadi sebenarnya kalau melihat angka ini lebih banyak itu yang sudah siap. Walaupun sekarang baru 25 persen, tetapi yang sudah terbiasa dengan TV kabel, streaming, berlangganan itu sudah hampir 70 persen kalau dijumlahkan dengan pengguna TV digital," ujarnya.

Dirinya menyebutkan, pemberlakukan ASO atau penghentian siaran TV analog hanya berlaku untuk wilayah Jabodetabek.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: