Bawang Yawuyoko

Bawang Yawuyoko

--

Kadang ubi hapuru atau talas itu ikut dimasukkan ke dalam kubangan. Ikut dimasak. Dimakan bersama daging.

Duh, upacara bakar batu itu, meriah, rukun, bahagia, dan lezatnya luar biasa. (*)

Komentar Pilihan Dahlan Iskan di Tulisan Edisi 29 Oktober 2022

thamrindahlan

Bunga merekah seperti biola / Sayur buncis segar terpiara / Saham sedekah penonton bola / Beli karcis jangan ada huru hara /

EVMF

Sepakbola Inggris -----> Denmark.

1). "Aturan Asosiasi Sepakbola" pertama kali dirancang pada musim dingin tahun 1863 di London. Hukum dan dasar yang dihasilkan untuk permainan modern terbentuk dari kompromi kode sepakbola yang digunakan diberbagai sekolah Inggris dan Sheffield FC (klub sepakbola tertua di dunia). Skandinavia menjadi regional pertama terjadinya penyebaran "Aturan Asosiasi Sepakbola" di luar Inggris dan Irlandia, dan klub lokal pertama yang terbentuk adalah di Denmark. Didalam buku : "Origin Stories : The Pioneers Who Take Football to the World" menunjukkan bahwa ada dua cara sepakbola tiba di negara baru. Pertama "diimpor" oleh komunitas Inggris yang berada di negara lain seperti yang terjadi di Buenos Aires atau di Le Havre. Kedua "dibawa kembali" oleh penduduk setempat yang pernah belajar di Inggris. Banyak keluarga Denmark yang kaya mengirim putra mereka ke sekolah terbaik di Inggris pada abad ke-19, tempat mereka akan diperkenalkan dengan olahraga Inggris. Tampaknya sepakbola mungkin telah muncul dalam sistem sekolah di Denmark sejak tahun 1877.

2). Setahun sebelumnya, pada tanggal 26 April 1876, empat pria Denmark : Frederik Levison, August Nielsen, Carl Møller dan E. Selmer, membentuk Kjøbenhavns Boldklub (KB - Klub Bola Kopenhagen). Pertandingan pertama KB di Klampenborg di Kopenhagen pada tanggal 7 September 1879 menimbulkan kehebohan di kalangan masyarakat yang menonton. Pengacara Frederick Markmman mengambil alih sebagai ketua KB pada tahun 1880 dan mulai mempromosikan permainan di sekolah-sekolah Denmark. Dia bahkan menerjemahkan buku peraturan ke dalam bahasa Denmark pada tahun 1887. Tahun 1880-an adalah dekade penting bagi permainan Denmark. Klub-klub baru bermunculan di ibu kota, seringkali berbasis di sekitar lapangan terbuka di Fælledparken dan sebuah turnamen diadakan pada tahun 1888, dimenangkan oleh KB. Pada akhir dekade, Markmann telah menghubungi 86 asosiasi dengan 4.000 anggota untuk membentuk Serikat Boldspil Dansk (Persatuan Ballgame Denmark – DBU). Terbentuk pada 18 Mei 1889, DBU terdiri dari 21 klub yang berbasis di Kopenhagen dan lima dari Jutlandia dan merupakan asosiasi sepakbola nasional tertua di dunia di luar Inggris dan Irlandia. Pada tahun 1904, DBU adalah anggota pendiri FIFA.

EVMF

3). Klub Inggris, termasuk tim amatir bergengsi Queen's Park dan Corinthians, datang untuk membantu Denmark meningkatkan permainan mereka. Pada awal abad ke-20, klub Denmark mengalahkan lawan dari Inggris. Pada tahun 1908, tim nasional pertama Denmark berlayar ke London untuk mengikuti Olimpiade di White City. Disini, pemain Denmark Sophus Nielsen menjadi pemain pertama yang mencetak sepuluh gol dalam pertandingan internasional-nya saat Denmark mengalahkan Prancis 17-1. Pemain Denmark termasuk yang pertama muncul di sepakbola Inggris. Dane Nils Middelboe menjadi pemain luar negeri pertama Chelsea pada tahun 1913 sementara Rangers membeli Carl Hansen dari klub Kopenhagen Boldklubben 1903 seharga £20 pada tahun 1921. Tahun 1980an generasi emas "Dynamite Denmark" termasuk Laudrup, Preben Elkjaer, Jan Mølby, Allan Simonsen, Jesper Olsen dan banyak lainnya telah memikat perhatian dunia sepakbola.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: