Ridwan Kamil Capres Kebanggaan Jawa Barat, Kata Pengamat Sosial Politik Tasikmalaya: Bersih dan Inovatif

Ridwan Kamil Capres Kebanggaan Jawa Barat, Kata Pengamat Sosial Politik Tasikmalaya: Bersih dan Inovatif

Pengamat Pendidikan dan Sosial Politik Tasikmalaya, Asep Tamam. Foto: Istimewa--

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM – Peluang Ridwan Kamil atau RK bisa menjadi calon presiden atau capres kebanggaan warga Jawa Barat (Jabar) sangat terbuka.

Peluang Ridwan Kamil Capres kebanggaan Jawa Barat terbuka karena sampai saat ini belum ada Presiden Indonesia dari tanah Sunda.

Terlebih, ada peluang terbuka lebar bahwa Ridwan Kamil bisa menjadi capres kebanggaan dari Jawa Barat mengingat hasil survei terbaru dari Litbang Kompas menunjukkan elektabilitas Ridwan Kamil.

Pengamat Pendidikan dan Sosial Politik Tasikmalaya, Asep Tamam mengakui, popularitas dan elektabilitas Ridwan Kamil sudah cukup untuk maju di Pilpres 2024 nanti.

"Selain popularitas, dia (Ridwan Kamil) juga bersih dan banyak inovasinya. Kita butuh pemimpin yang inovatif dan diantara pemimpin paling inovatif dilihat dari perjalanan awalnya," papar Asep Tamam, Jumat 28 Oktober 2022.

Menurut Asep Tamam, perjalanan Ridwan Kamil menjadi Gubernur Jawa Barat setelah menjadi Wali Kota Bandung. Di tangannya saat itu Kota Bandung banyak inovasi. 

"Indonesia selain butuh kekuatan dan kepercayaan pengakuan dari dunia internasional, juga butuh otak-otak inovatif seperti RK ini," ujar Asep Tamam.

Dan yang terpenting dari semua itu, beber Asep Tamam adalah bahwa orang Sunda harus maju. Belakangan ini memang pamor Sunda melempem.

"Mungkin yang bisa masih tetap dibanggakan adalah jalur dangdut dan pelawak itu cukup dominan dari Sunda. Tapi di sisi yang lain memang Sunda itu butuh berada dalam area kepemimpinan nasional," bebernya.

"Peluang RK ini di tingkat nasional memang ada persaingan ketat. Saya masih berpikir bahwa RK ini baru memungkinkan ke posisi Cawapres," tambahnya.

Atau, jelas dia, mungkin kemudian karena politik itu sangat dinamis dan memungkinkan segala sesuatu dari yang tidak mungkin jadi mungkin, maka kemungkinan Ridwan Kamil bisa menjadi calon Presiden.

"Tentu tenaga atau modal besarnya itu agar RK ke RI 1 adalah gerakan warga Jawa Barat untuk Kang RK RI 1. Warga Jabar harus kompak untuk bisa mengantarkan RK ke RI 1. Kalau tidak, RK bahkan bisa jadi terjerembab kepada pilihan ke-3," jelas Asep Tamam menganalisa.

Menurut Asep Tamam, pilihan 1 Ridwan Kamil adalah RI 1, pilihan 2 adalah RI 2, dan pilihan ke-3 adalah kembali bertarung di Jawa Barat. Jadi untuk RI 1 modal besarnya adalah kekompakan warga Jabar. 

"Untuk RI 2 saya kira tak begitu sulit untuk RK. Karena sangat-sangat memungkinkan. Nah kuncinya tetap ada di Pak RK. Apakah mau melanjutkan ke-RI 2 atau tetap bertarung lagi di Jabar," ujar Asep Tamam. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: