Pangdam III Siliwangi Kunjungi Budidaya Jamur Tiram di Kota Banjar, Lihat Sosok Pemiliknya

Pangdam III Siliwangi Kunjungi Budidaya Jamur Tiram di Kota Banjar, Lihat Sosok Pemiliknya

Pangdam III Siliwangi mayjen TNI Kunto Arief Wibowo saat tiba di lokasi budidaya jamur tiram di Dusun Waringinsari, Desa Waringinsari, Kecamatan Langensari, Kota Banjar, Selasa 18 Oktober 2022.-Anto Sugiarto-radartasik.disway.id

Sertu Hendar Purwanto, sukses budidaya jamur tiram putih dan coklat terjun sejak 2015 lalu. Dia menyebutkan, ketertarikannya bermula melihat banyak limbah serbuk kayu yang melimpah.

BACA JUGA:Bupati Purwakarta Berencana Laporkan 5 Youtuber ke Polda Jabar, Ini Konten yang Jadi Masalah 

"Hal itu yang mendasari saya mencoba bergelut jadi budidaya jamur," katanya. 

Satu media atau baglog bisa menghasilkan 4,5 ons jamur sekali panen. Jika ada 1.000 baglog, bisa menghasilkan 4,5 kuintal. 

Jamur tiram putih segar, dijual Rp12 ribu per kilogram. Sedangkan jamur tiram coklat dibandrol Rp20 ribu per kilogramnya.

"Tidak hanya dijual begitu saja, tapi ada juga yang diolah menjadi jamur crispy sejak 2018 hingga sekarang dijual offline dan online," jelasnya.

Dia mengaku bersyukur kedatangan Pangdam III Siliwangi ke tempat budidaya jamur tiram miliknya. 

Dukungan dari Pangdam III Siliwangi ini menurutnya menjadi dorongan kuat untuk lebih bersemangat mengembangkannya, dengan sasaran membuka lowongan pekerjaan dan pemberdayaan masyarakat menjadi petani budidaya jamur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: