3 dari 100 Orang Berusia 50 Tahun Menderita Gangguan Penglihatan, Penyebab Utamanya Adalah Katarak

3 dari 100 Orang Berusia 50 Tahun Menderita Gangguan Penglihatan, Penyebab Utamanya Adalah Katarak

Ilustrasi penyakit penglihatan yang banyak menyerang usia di atas 50 tahun.-Foto:tangkapanlayar/Fin.co.id-

RADARTASIK.COM - Taukah Anda bahwa jumlah penderita gangguan penglihatan di Indonesia itu adalah 3 dari 100 orang berusia lebih dari 50 tahun. Penyebab utamanya adalah katarak.

Menurut survey Rapid Assessment of Avoidable Blindness, sekitar 1,6 juta orang di Indonesia diperkirakan alami kebutaan seperti dilansir dari Fin.Co.Id.

Penyebab utama gangguan penglihatan menurut temuan itu adalah akibat kelainan refraksi, semantara katarak menjadi penyebab utama kebutaan.

Sampai saat ini masalah mata masih menjadi perhatian pemerintah, masih banyak sekali orang yang mengalami gangguan penglihatan.

BACA JUGA:Agenda Hari Ini: Ferdy Sambo Menjalani Sidang Pertama di PN Jaksel, Teddy Minahasa Diperiksa Polda Metro Jaya

Jadi jika angka kebutaan di Indonesia adalah sekitar 1,6 juta orang, 5 hingga 6 juta orang lainnya di Indonesia, diperkirakan mengalami masalah penglihatan. 

Untungnya, sebagian besar dari masalah pengelihatan ini menurut temuan itu, adalah masalah pengelihatan yang masih mungkin untuk diatasi.

Sedangan menurut Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan dr. Maxi Rein Rondonuwu, katarak masih jadi penyumbang tertinggi masalah  pengelihatan, dan masuk dalam kategori penyakit prioritas.

Selain katarak, adalah beberapa penyakit lain yang masuk dalam daftar Penyakit prioritas pada gangguan penglihatan.

BACA JUGA:Jadwal Sholat Kota Banjar Hari Ini Senin 17 Oktober 2022

''Penyakit prioritas pada gangguan penglihatan adalah yang pertama katarak kemudian diikuti kelainan refraksi, glaukoma, dan retinopati diabetik,'' ujar Dirjen Maxi dalam sebuah pernyataan. 

Pemerintah sendiri sudah menargetkan penurunan gangguan pengelihatan masyarakat Indonesia, sebesar 25 persen pada 2030 mendatang.

Penyebab Katarak dan Cara Menghindarinya

Mata adalah salah satu dari lima indera manusia, yang memegang peran terpenting dalam aspek kehidupan, meski semua indera memiliki perannya masing-masing.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: