Pemerintah Kecamatan Sariwangi Usulkan Pembangunan Terminal dan Pasar, Respons Dishub dan Perindag Ditunggu!

Pemerintah Kecamatan Sariwangi Usulkan Pembangunan Terminal dan Pasar, Respons Dishub dan Perindag Ditunggu!

Camat Sariwangi Engkos Koswara.-Ist/Radartasik.com-

KAB. TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM – Pemerintah Kecamatan Sariwangi usulkan pembangunan terminal dan pasar kepada Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya.

Pembangunan terminal dan pasar diusulkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang saat ini populasi dan mobilitas penduduknya terus tumbuh.

Camat Sariwangi Engkos Koswara menyatakan saat ini sudah ada belasan unit angkutan umum yang melayani trayek Terminal Singaparna–Sariwangi.

Namun, Sariwangi yang merupakan kecamatan hasil pemekaran dari Leuwisari belum memiliki terminal ataupun sub terminal angkutan umum yang representatif.

BACA JUGA: Tekan Kecelakaan Akibat Rem Blong, Hino Gelar Kampanye Keselamatan dan Siapkan Pelatihan Sopir Bus dan Truk

Sehingga, pemilik angkutan umum menjadikan tepian jalan sebagai terminal tidak resmi. Alhasil, kendaraan mereka menghalangi lalu lintas kendaraan lain.

Jadi, usulan pembangunan terminal merupakan aspirasi masyarakat karena angkutan umum menggunakan tepian jalan sebagai terminal darurat.

”Masyarakat yang meminta ada kawasan khusus bagi angkutan umum untuk ngetem, tidak di badan jalan seperti sekarang ini. Tentu, kami merespons dan menyampaikan keinginan tersebut ke pemerintah daerah,” katanya kepada radartasik.com, Sabtu 15 Oktober 2022.

Jika ada terminal, camat yakin akan lebih memudahkan masyarakat mengakses angkutan umum.

BACA JUGA: Terungkap, Identitas Mayat Pria di Gorong-gorong Jalan Lukmanul Hakim Tasikmalaya

Pihak kecamatan saat ini sudah menyiapkan lahan milik pemerintah yang diusulkan menjadi lahan Sub Terminal Sariwangi. Namun dalam proses dan tahapan pembangunannya tentu harus melalui Dinas Perhubungan.

”Lahan kami sudah siap. Ada lahan milik pemerintah yang sudah bisa dipergunakan. Tinggal ada persetujuan pemerintah daerah saja,” jelas dia.

Selain mengusulkan pembangunan terminal, Kecamatan Sariwangi juga membutuhkan pasar yang representatif.

Saat ini aktivitas jual beli sudah berjalan dalam bentuk pasar mingguan. Aktivitas pasar mingguan bisa jadi potensi besar untuk dibuka pasar permanen yang lebih representatif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: