Kota Tasikmalaya Diguyur Hujan Deras, Tembok Rumah di Bungursari Jebol Diterjang Longsor

Kota Tasikmalaya Diguyur Hujan Deras, Tembok Rumah di Bungursari Jebol Diterjang Longsor

Diguyur hujan deras, tembok rumah di Bungursari jebol diterjang longsor di Kota Tasikmalaya, Jumat, 7 Oktober 2022. Foto: Istimewa--

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COMKota Tasikmalaya diguyur hujan deras, tembok rumah di Bungursari jebol diterjang longsor.

Guyuran hujan deras di wilayah Kota Tasikmalaya n Jumat 07 Oktober 2022 siang hingga hingga Sabtu 08 Oktober 2022 dini hari membuat bencana alam terjadi.

Akibat hujan deras tersebut tembok rumah di Bungursari jebol diterjang longsor.

Rumah di Bungursari jebol diterjang longsor itu milik Yayan (43), warga Kampung Rancageneng II, Kelurahan Sukajaya, Kecamatan Bungursari, Kota Tasikmalaya.

Kapolsek Indihiang, Polres Tasikmalaya Kota Kompol H Iwan mengatakan, tanah longsor di lokasi tersebut terjadi pada Jumat 07 Oktober 2022 sore sekitar pukul 16.20 WIB.

Meski tak ada korban jiwa, namun tembok kamar rumah di bagian belakang jebol dalam peristiwa itu.

"Pada saat kejadian tersebut pemilik rumah bernama Yayan (43) Sedang berada di ruangan dapur. Sementara itu istrinya, Siti Umayah sedang menonton televisi," paparnya, Sabtu siang.

"Kemudian Siti mendengar suara runtuhan bangunan. Lalu Yayan  bergegas menghampiri titik suara tersebut dan melihat tembok rumah kamar belakang miliknya yang terbuat dari tembok sudah roboh," sambungnya.

Atas kejadian tersebut, pemilik rumah melaporkan kepada RT dan RW dan pihak Kelurahan, Babinsa dan Bhabinkamtibmas serta dilanjutkan berkoordinasi dengan pihak BPBD Kota Tasikmalaya.

Polsek Indihiang, Polres Tasikmalaya Kota bersama dengan Koramil, BPBD Kota Tasikmalaya dan warga, tadi pagi setempat melakukan kerja bakti membersihkan lumpur.

"Kita bersama anggota TNI dan BPBD Kota Tasikmalaya langsung meluncur untuk meninjau dilapangan dan melakukan assessment sebagai bahan data dan untuk pengajuan bantuannya kepada warga tersebut," terangnya.

Akibat tembok rumah di Bungursari jebol diterjang longsor itu korban diperkirakan mengalami kerugian kurang lebih Rp 40 juta.

Kompol H Iwan pun mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk lebih meningkatkan kewaspadaan mengingat bencana longsor dan banjir.

"Ya kita imbau kepada warga agar waspada mengingat saat ini musim hujan dan seringali mengakibatkan bencana banjir dan longsor," pesan Kompol H Iwan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: