Mutasi Kendaraan Bermotor Satu Hari Saja, Jika...

Mutasi Kendaraan Bermotor Satu Hari Saja, Jika...

Direktur Registrasi dan Identifikasi (Dirregident) Korlantas Polri Brigjen Pol Yusri Yunus bicara rencana BPKB elektronik.-Korlantas Polri-

JAKARTA, RADARTASIK.COM – Selama ini proses mutasi kendaraan bermotor bisa memakan waktu satu hingga dua bulan.

Ke depan, proses mutasi kendaraan bermotor cukup satu hari saja. Proses mutasi makin cepat jika sudah diberlakukan BPKB (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor) elektronik.

Direktur Registrasi dan Identifikasi (Dirregident) Korlantas Polri Brigjen Pol Yusri Yunus menjelaskan Ditregident Korlantas Polri saat ini sedang mengembangkan BPKB elektronik.

Mantan Kabid Humas Polda Metro Jaya ini menyebut BPKB elektronik lebih simpel, mudah dan akan terintegrasi dengan singel data Korlantas Polri.

BACA JUGA: Ini Keunggulan BPKB Elektronik yang Disiapkan Korlantas, Mutasi Cukup 1 Hari

”BPKB baru kita akan diupayakan untuk tahun ini,” ujarnya didampingi Kasubdit BPKB Kombes Pol Purwadi Wahyu saat membuka rapat anev pelayanan BPKB di Hotel Arosa, Bintaro, Tangerang Selatan, Senin 26 September 2022.

Brigjen Yunus mengatakan BPKB elektronik akan dilengkap chip. ”Memang kita gunakan ada teknologi chip di situ untuk bisa tahu di dalamnya ada histori kendaraan dan semua,” kata dia seperti dilansir laman Korlantas Polri.

”BPKB nanti akan memudahkan masyarakat, misalnya BPKB mutasi kendaraan itu tidak lagi selamanya 1-2 bulan, cukup satu hari saja sudah bisa cepat dengan harga PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak),” sambung dia.

Yusri menegaskan BPKB elektronik nantinya akan terintegrasi dengan stakeholder seperti finance, bank dan penggadaian.

BACA JUGA: Sebegini Tarif Penerbitan STNK, TNKB, BPKB dan Mutasi di Jabar

Selain memudahkan proses mutasi, BPKB elektronik akan menghilangkan modus-modus masyarakat yang nakal.

Dia mencontohkan modus masyarakat yang nakal. Kendaraan masih cicilan tapi dibikin lagi duplikat BPKB. Kendaraan dijual lagi.

”Ini sudah kita pikirkan bagaimana kita munculkan satu aplikasi untuk bisa terkolaborasi dengan beberapa stakeholder terkait. Ya ini kita sudah arahkan ke singel data semuanya,” tegas dia.

Anev pelayanan BPKB

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: