Jembatan Ciloseh Jalan Ahmad Yani Tasik Terancam Ambruk, Jenis Kendaraan Ini yang Dilarang Melintas

Jembatan Ciloseh Jalan Ahmad Yani Tasik Terancam Ambruk, Jenis Kendaraan Ini yang Dilarang Melintas

Tampak retakan di pinggir Jalan Ahmad Yani Jembatan Ciloseh, Senin 12 September 2022 sore. - Rezza Rizaldi-radartasik.disway.id

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM – Setelah tembok penahan ambrol tergerus aliran sungai, Jembatan Ciloseh di Jalan Ahmad Yani Kota Tasikmalaya hanya bisa digunakan secara terbatas.

Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kota Tasikmalaya telah mengecek kondisi Jembatan Ciloseh di Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Tawang, Senin 12 September 2022 sore.

"Tadi sudah kita cek. Hasilnya sementara ini jalan baru bisa digunakan hanya satu jalur," ujar Kabid Jalan dan Jembatan PUTR, Wenda Krisnawan yang dihubungi melalui ponselnya.

"Kalau dari arah Ciamis jalur yang kanan bisa digunakannya. Kalau jalur kirinya sementara tak bisa digunakan. Sebab posisi yang tergerus di sebelah kiri dari arah Ciamis," sambungnya.

BACA JUGA: Jembatan Ciloseh Jalan Ahmad Yani, Tasik Terancam Ambruk, Dinas PUTR dan BBWS Citanduy Akan Turun Mengecek

Menurutnya, kondisi dinding tanah penahan air sungai di bawah jembatan itu tergerus air Sungai Ciloseh kala debit air tinggi pada dini hari tadi.

"Tadi terlihat juga di lokasi, rangka jalur PDAM terbawa aliran air dan dinding penahan juga ikut terbawa arus air," terangnya. 

Dinas PUTR akan berkoordinsi dengan BBWS Banjar soal Jembatan Ciloseh tersebut, karena kawasan aliran sungai tersebut merupakan wewenang dari BBWS Citanduy, Banjar.

"Nanti kita lihat dulu besok (hari ini), seperti apa penanganannya setelah kita koordinasi dengan BBWS Banjar," tambahnya.

BACA JUGA: Kendaraan Berat Non Penumpang Jangan Melintas! Jembatan Ciloseh Jalan Ahmad Yani Teracam Roboh

Sementara ini pihaknya belum bisa memastikan bentuk perbaikan jembatan, terlebih saat ini tidak ada anggaran penanganan bencana. Mudah-mudahan, sebut dia, ada dana di BPBD.

"Kalaupun tidak ada, ya nanti kita coba ajukan. Karena minimal di lokasi itu harus dipasang bronjong," jelasnya.

Untuk sementara pihaknya menyarankan agar jalan di Jembatan Ciloseh digunakan satu lajur. 

BACA JUGA: Hindari Jalan Ahmad Yani Kota Tasikmalaya, Jembatan Ciloseh Terancam Roboh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: