Kendaraan Berat Non Penumpang Jangan Melintas! Jembatan Ciloseh Jalan Ahmad Yani Teracam Roboh

Kendaraan Berat Non Penumpang Jangan Melintas! Jembatan Ciloseh Jalan Ahmad Yani Teracam Roboh

Tampak retakan di pinggir Jalan Ahmad Yani Jembatan Ciloseh, Senin 12 September 2022 sore. - Rezza Rizaldi-radartasik.disway.id

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Tasikmalaya melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) telah mengecek kondisi Jembatan Ciloseh di Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Tawang, Senin 12 September 2022 sore.

"Tadi sudah kita cek. Hasilnya sementara ini jalan baru bisa digunakan hanya satu jalur," ujar Kabid Jalan dan Jembatan PUTR, Wenda Krisnawan yang dihubungi melalui ponselnya.

"Kalau dari arah Ciamis jalur yang kanan bisa digunakannya. Kalau jalur kirinya sementara tak bisa digunakan. Sebab posisi yang tergerus di sebelah kiri dari arah Ciamis," sambungnya.

Menurutnya kondisi dinding tanah penahan air sungai di bawah jembatan itu tergerus air Sungai Ciloseh kala debit air tinggi pada dini hari tadi.

BACA JUGA:Hindari Jalan Ahmad Yani Kota Tasikmalaya, Jembatan Ciloseh Terancam Roboh

"Tadi terlihat juga di lokasi, rangka jalur PDAM terbawa aliran air dan dinding penahan juga ikut terbawa arus air," terangnya. 


Dinding penahan jembatan ambrol sehingga kendaraan berat non penumpang dilarang lintas.- Rezza Rizaldi-radartasik.disway.id

Besok pihaknya akan berkoordinsi dengan BBWS Banjar, karena kawasan aliran sungai tersebut merupakan wewenang dari BBWS Banjar.

"Nanti kita lihat dulu besok, seperti apa penanganannya setelah kita koordinasi dengan BBWS Banjar," tambahnya.

Sementara ini pihaknya belum bisa memastikan bentuk perbaikan jembatan, terlebih saat ini tidak ada anggaran penanganan bencana. Mudah-mudahan, sebut dia, ada dana di BPBD.

BACA JUGA:Waduh! Salawu, Tasikmalaya Longsor, Timpa Rumah dan Jalan Garut-Tasikmalaya, Alat Berat pun Diturunkan

"Kalaupun tidak ada, ya nanti kita coba ajukan. Karena minimal di lokasi itu harus dipasang bronjong," jelasnya.

Untuk sementara pihaknya menyarankan agar jalan di Jembatan Ciloseh digunakan satu lajur. 

"Karena kalau ada kendaraan berat non penumpang biasanya ada getaran. Maka kita usulkan ke Dishub untuk tak mengizinkan kendaraan berat melintasi jalur itu," sebutnya.



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: