Jalur Khusus Disabilitas Tunanetra di Semi Pedestrian HZ Mustofa Tasikmalaya Tabrak Tiang Listrik

Jalur Khusus Disabilitas Tunanetra di Semi Pedestrian HZ Mustofa Tasikmalaya Tabrak Tiang Listrik

Jalur disabilitas (warna kuning) untuk tunanetra di lokasi semi pedestrian HZ Mustofa, Kota Tasikmalaya ada tiang listrik, Selasa 06 September 2022. Foto: rezza rizaldi / radartasik.com--

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM – Semi pedestrian di Jalur HZ Mustofa, Kecamatan Cihideung, Kota Tasikmalaya, saat ini terus dikebut pengerjaannya. 

Sesuai harapan Wali Kota Tasikmalaya, H Muhammad Yusuf, saat Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Tasikmalaya di Oktober 2022 sudah tuntas.

Walaupun kini pantauan di lokasi para pekerja tengah mempercantik area pejalan kaki yang mirip Malioboro Jogjakarta dengan didirikan kursi berbentuk Kelom, namun jalur pejalan kaki untuk penyandang disabilitas masih terhalang tiang listrik.

BACA JUGA: Efek BBM Naik, Sopir Angkutan Umum Trayek Singaparna-Salawu Mogok Beroperasi, Terbebani Setoran Naik

Penyandang disabilitas di Kota Tasikmalaya pun berharap tiang listrik yang berada di tengah jalur jalan kaki mereka dapat segera ditertibkan. Pasalnya lokasi tiang itu tepat berada di tengah jalur jalan kaki disabilitas.


Jalur disabilitas (warna kuning) untuk tunanetra di lokasi semi pedestrian HZ Mustofa, Kota Tasikmalaya, Selasa 06 September 2022. rezza rizaldi / radartasik.com--

"Saya akui di HZ memang sudah ada untuk kami berjalan. Seperti di Bandung. Tapi di jalurnya ada tiang," ujar Ketua DPC Persatuan Tuna Netra Indonesia (Pertuni) Kota Tasikmalaya, Usman Supriatman, Selasa 06 September 2022.

"Jadi ketika saya berjalan kaki di sana (lokasi semi pedestrian HZ, Red) sempat menabrak tiang listrik di sana. Jadi ya untuk apa ada tempat jalan untuk kami tapi ada tiang di sana. Jadi percuma atuh," sambungnya.

BACA JUGA: Anggaran 10 Miliar, Pembangunan Alun Alun Singaparna Ditargerkan Selesai dalam 3 Bulan

Mumpung masih dalam tahap pengerjaan, dia berharap Pemerintah Kota (Pemkot) Tasikmalaya melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) dapat memperbaiki jalur pejalan kaki disabilitas yang terhalang tiang listrik.

"Harapan saya mudah-mudahan dapat diperbaiki lagi. Juga saya harap di HZ ada lokasi penyeberangan jalan atau jembatan penyeberangan untuk kami. Supaya kami tak kesulitan saat menyeberang," harapnya.

Terpisah, Kepala Bidang (Kabid) Jalan dan Jembatan PUTR Kota Tasikmalaya, Wenda Krisnawan mengakui tiang liatrik di jalur disabilitas itu akan segera dipindahkan.

BACA JUGA: Harga BBM Naik, Iwan Fals Tunggu Komentar Para Capres 2024

"Jadi memang pekerjaan di lapangan belum 100 persen. Baru 70 persen sekian yang dikerjakan. Untuk jalur HZ memang kalu dilihat hari ini ada tiang tersebut. Tapi sebenarnya utilitas jalur tiang komunikasi kabelnya sudah dipindahkan ke ducting," tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: