Jual Gas Elpiji di Atas Harga Eceran Tertinggi, Pertamina Cabut Izin 20 Pangkalan

Jual Gas Elpiji di Atas Harga Eceran Tertinggi, Pertamina Cabut Izin 20 Pangkalan

Sebanyak 20 izin pangkalan yang menjual gas elpiji 3 kg dicabut oleh Pertamina, karena menjual elpiji di atas HET dan kuota. Foto: net--

BALIKPAPAN, RADARTASIK.COM - Sebanyak 20 pangkalan LPG (baca elpiji, red) yang terbukti menjual gas elpiji ukuran tiga kilogram di atas harga eceran tertinggi dan menjual melebihi batas maksimum dicabut izinnya oleh Pertamina

Manager Communication, Relation, and CSR PT Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan, Susanto August Satria mengatakan 20 pangkalan elpiji yang dicabut izinnya itu merupakan bagian dari 684 pangkalan elpiji yang beroperasi di Kota Balikpapan. 

Sedangkan sepanjang tahun 2022 ini jumlah total yang telah diberi sanksi sebanyak 60 pangkalan.

BACA JUGA:Ingat! Mulai September Mobil 1.500 CC dan Motor 250 CC ke Atas Dilarang Konsumsi Pertalite

“Untuk sanksi pemutusan kerjasama usaha ada sekitar 20an yang kami berikan sanksi tersebut,” ujar Susanto kepada wartawan, Jumat, 12 Agustus 2022.

Sementara itu, terkait masalah tingginya harga jual elpiji tingkat pengecer, Susanto mengatakan bahwa hal tersebut bukanlah merupakan wewenang dari Pertamina untuk melakukan pengawasan.

“Kalau pengawasan kami itu ranahnya lebih kepada ke pangkalannya. Makanya kami bisa menindak pangkalan yang bekerjasama dengan Pertamina,” kilahnya. 

BACA JUGA:Hybrid Bank Jadi Strategi BRI di Tengah Era Digitalisasi, Berikan Layanan Terbaik Bagi Semua Masyarakat

Dalam kesempatan tersebut Susanto menegaskan tidak ada kelangkaan gas elipi subsidi 3 Kg bersubsidi di Kota Balikpapan.

Karena kuota elpiji tiga kilogram bersubsidi, saat ini sudah aman dan telah didistribusikan setiap harinya ke pangkalan.

“Gak mungkin kurang, stok itu aman dan dikirim setiap hari. Lalu untuk penyalurannya saat ini sudah over. Bahkan Minggu kemarin sudah kami tambah fakultatif tabungnya,” ujarnya. 

BACA JUGA:Mahasiswa Baru IPB University Pecahkan Rekor Dunia 59 Formasi The World Biggest 3D

Dian pun menerangkan, dari 9 agen yang melayani di Balikpapan, saat ini sudah ditambah pasokan pada bulan ini, dimana setiap pangkalan mendapatkan sekitar 560 sampai dengan 1.120 tabung.

“Penyaluran elpiji tiga kilogram sudah over quota dari yang ditetapkan oleh regulator,” terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: prokal.co