Waduh, Tanah Bergerak di Tasikmalaya, Masuk ke Jalan Salopa-Cikatomas, 17 Jiwa Terancam

Waduh, Tanah Bergerak di Tasikmalaya, Masuk ke Jalan Salopa-Cikatomas, 17 Jiwa Terancam

Bencana pergeseran tanah terjadi di wilayah Desa dan Kecamatan Karyamandala Kecamatan Salopa, Kabupaten Tasikmalaya. Material tanah longsor menutupi bahu jalan protokol penghubung Salopa dan Cikatomas Kabupaten Tasikmalaya, Rabu 10 Agustus 2022. Foto: Ist--

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM — Hujan yang terjadi Selasa 9 Agustus 2022 malam hingga pagi Rabu 10 Agustus 2022 menyebabkan bencana di beberapa lokasi di Kabupaten Tasikmalaya. Dampak dari hujan semalam itu menyebakan  longsor hingga pergeseran tanah. 

Bencana pergeseran tanah terjadi di wilayah Desa dan Kecamatan Karyamandala Kecamatan Salopa, Kabupaten Tasikmalaya. Material tanah longsor menutupi bahu jalan protokol penghubung Salopa dan Cikatomas. 

Selain menutup akses jalan, 5 rumah yang dihuni oleh 17 jiwa terancam. Selain itu, perkebunan warga juga terancam tergerus pergeseran tanah.

BACA JUGA: Hujan Menerjang Kota Banjar, Belasan Rumah Warga Terendam Banjir, Nasi Kotak Sudah Disebar

"Kerugian ditaksir sekitar Rp 790 juta. Untuk korban jiwa tidak ada," ucap Wakil Ketua Tagana Kabupaten Tasikmalaya Ayatullah saat dihubungi Rabu 10 Agustus 2022.

Menurut dia, kejadian bencana juga terjadi di wilayah Sindanghurip Desa Singajaya Kecamatan Cibalong. Di lokasi ini, material rumah menimpa sebagian rumah warga. 

BACA JUGA: Siasat Ferdy Sambo Terbongkar Timsus Bentukan Kapolri, Menembak Dinding Rumah Hanya untuk Seolah-olah…

"Proses evakuasi juga kita lakukan dengan menerjunkan personil ke lapangan. Korban jiwa alhamdulillah tidak ada," katanya.

Ayatullah juga menambahkan, bencana longsor juga terjadi di wilayah Talegong Kecamatan Salopa. Material longsor  menimpa asrama putri Ponpes Nurul Huda. 

BACA JUGA: Dua Kali Kalah, Ridwan Kamil Beri Pesan Menohok kepada Pelatih Persib: Poek...

"Itu sudah ditanganai, dan sementara laporan bencana yang kami terima," ujar dia.

Sementara hujan deras yang menerjang Kota Banjar, Rabu 10 Agustus 2022 dini hari membuat banjir di Dusun Sukanegara RT 01 RW 01 Desa Waringinsari Kecamatan Langensari.

BACA JUGA: Keterangan Terbaru, Saat Bharada E di Tangga, Dia Lihat Ferdy Sambo Sudah Pegang Pistol

Akibatnya belasan rumah warga sekitar terdampak banjir hingga masuk ke dalam rumah, meski tidak terlalu parah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: