Sampah Jenis Ini Hantui Dinas LH Kota Tasikmalaya Setiap Idul Kurban

Sampah Jenis Ini Hantui Dinas LH Kota Tasikmalaya Setiap Idul Kurban

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM – Hari Raya Idul Adha tidak bisa lepas dari ibadah kurban dan pembagian daging. Hal ini berpotensi meningkatkan produksi sampah plastik dari bekas pembungkus daging.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) H Deni Diyana yang mengaku khawatir dengan serangan sampah plastik di momen Idul Adha.

Pasalnya, masyarakat sudah terbiasa membagikan daging kurban dengan kemasan kantong plastik. “Setiap Idul Adha selalu ada peningkatan sampah, termasuk plastik,” ungkapnya kepada Radar, Senin 4 Juli 2022.

BACA JUGA: Idul Adha 1443 Hijriyah Jatuh Pada Hari Minggu, 10 Juli 2022

Saat ini, volume sampah di Kota Tasikmalaya lebih dari 200 ton per harinya. Di momen tertentu, produksinya bisa meningkat 50% atau bahkan dua kali lipat jumlahnya. “Dari satu titik saja, bisa berapa kilogram kantong plastik yang digunakan,” ucapnya.

Menyikapi hal tersebut, pihaknya mengajak masya­rakat bisa sadar lingkungan dalam pembagian kurban. Salah satunya dengan meminimalisir penggunaan kantong plastik.

BACA JUGA: Ridwan Kamil Minta Masyarakat Tidak Khawatir Soal PMK, 2.000 Ekor Sapi Bakal Divaksin Jelang Idul Adha

“Meningkatnya volume sampah sudah pasti terjadi, tapi setidaknya tidak didominasi sampah plastik,” katanya.

Apalagi, Kementerian Lingkungan Hidup sudah membuat surat edaran terkait penggunaan kantong plastik. 

Hal itu akan ditindaklanjuti dengan menyebarkan edaran tersebut ke panitia-panitia kurban.

BACA JUGA: Polisi Gerebek Toko Alat Listrik di Rajapolah, Ternyata Oh Ternyata yang Dijual...

Pihaknya menyadari membudayakan untuk menghindari penggunaan kantong plastik bukan hal mudah. Pasalnya, masyarakat sudah terbiasa dan nyaman memanfaatkannya. “Karena mudah dan murah, tapi perlu disadari itu tidak ramah lingkungan,” ujarnya.

Alternatifnya, panitia kurban bisa menggunakan pembungkus lain yang ketika menjadi sampah bisa mudah terurai. Di antaranya bisa dengan daun pisang besek dari anyaman bambu. “Saya juga di lingkungan rumah beberapa tahun ini pakai besek,” katanya.

BACA JUGA: Jelang Idul Adha Vaksin PMK Harus Dikebut, Segini Kebutuhan di Kabupaten Tasikmalaya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: