Idul Adha 1443 Hijriyah Jatuh Pada Hari Minggu, 10 Juli 2022

Idul Adha 1443 Hijriyah Jatuh Pada Hari Minggu, 10 Juli 2022

Radartasik, JAKARTAIdul Adha 1443 Hijriyah jatuh pada hari Minggu, 10 Juli 2022. Demikian pengumuman dari Kementerian Agama RI.

Sebelumnya, pada Rabu 29 Juni 2022, Kementerian Agama (Kemenag) telah menggelar sidang isbat penentuan 1 Zulhijah 1443 H sekaligus penentuan Idul Adha 2022.

Dalam sidang isbat tersebut diumumkan bahwa hasil pemantauan hilal, hari raya Idul Adha ditetapkan jatuh pada hari Minggu, tanggal 10 Juli 2022. 

Dari hasil sidang isbat juga disampaikan, posisi hilal belum sesuai dengan ketentuan MAMBIS. 

Diketahui, Kementerian Agama menggunakan metode kriteria MABIMS atau Menteri-menteri Agama Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia, dan Singapura dalam rukyatul hilal, di mana, tinggi hilal minimal 3 derajat dan elongasi minimal 6,4 derajat.

"Dari 86 titik belum ada yang melihat hilal. Oleh karenanya,berdasarkan hisab belum memenuhi kriteria, dan laporan hilal belum terlihat, bahwa 1 Zulhijah jatuh pada 1 Juli 2022," ujar Wakil Menteri Agama, Zainut Tauhid Sa'adi dalam konferensi pers sidang isbat yang digelar di kantor Kemenag RI.

"Secara mufakat 1 Zulhijah 1443 H jatuh pada Jumat 1 Juli 2022 Masehi. Dengan begitu, Idul Adha 1443 H jatuh pada Minggu, 10 Juli 2022. Sebab, Idul Adha jatuh pada 10 Zulhijah," lanjutnya. 

Hal tersebut selaras dengan pemaparan anggota Tim Unifikasi Kalender Hijriah Kementerian Agama, Thomas Djamaluddin terkait posisi bulan dan hilal.

"Hari ini menggunakan kriteria MABIMS wilayah Indonesia dan Asia Tenggara belum memenuhi kriteria. Tinggi bulan belum 3 derajat, elongasinya baru sekitar 5 derajat kurang," kata Thomas Djamaluddin. 

"Dengan kriteria baru MABIMS, (esok) masih belum memenuhi kriteria karena tinggi bulan masih kurang dari 3 derajat," ujar Thomas. "Kemudian, elongasinya juga kurang dari 5 derajat, artinya belum memenuhi kriteria," lanjut dia. Oleh karena itu, hilal tidak dapat dirukyat pada malam ini.

Ketinggian hilal diketahui juga menyesuaikan dengan lokasinya.

Sidang Isbat ini juga dihadiri oleh Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar, pengurus Majelis Ulama Indonesia (MUI), Komisi VIII DPR RI, dan perwakilan Ormas Islam.

Amalan Sunnah di Hari Raya Idul Adha

Setelah mengetahui hari raya Idul Adha, kamu juga wajib menyimak amalan-amalan sunnahnya, nih. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: disway.id