2023 Siap-Siap Parkir Berlangganan

2023 Siap-Siap Parkir Berlangganan

Radartasik, Ciamis - Pemerintah Kabupaten Ciamis serius dalam mendongkrak kenaikan pencapaian Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor retribusi parkir. Keseriusan tersebut dengan akan diberlakukan parkir berlangganan selama setahun pada awal 2023.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Ciamis, Achmad Yani mengatakan, tahun ini sedang memproses menyelesaikan Peraturan Bupati (Perbup) Ciamis dan sosialisasi penerapan parkir berlangganan. Arahnya target awal 2023 sudah diberlakukan parkir berlangganan setahun.

“Intinya awal tahun 2023 pelaksanaan sudah mulai. Jadi tahun ini menyelesaikan perbup dan sosialisasi penerapan parkir berlangganan,” katanya kepada Radar, Minggu (26/6/2022).

Bagi masyarakat yang ingin melakukan parkir berlangganan, nantinya  pembayarannya melalui pajak kendaraan bermotor. Sasarannya untuk kendaraan yang berdomisili dan berplat nomor kendaraan Ciamis.

“Sedangkan untuk tarifnya parkir berlangganan untuk motor Rp 20.000/tahun, mobil Rp 40.000/tahun dan mobil besar Rp 60.000/tahun. Ketika masyarakat Ciamis memilih parkir berlangganan, bisa mendapatkan tanda kartu dan atau stiker yang bisa ditunjukkan atau ditempel di kendaraan,” ujarnya.

Kemudian, kata dia, penggunaan parkir berlangganan setahun tersebut berlaku di bahu/pinggir jalan yang ada rambu-rambu yang dikelola Dishub. Sedangkan parkir berlangganan tidak untuk di mal, pariwisata, rumah sakit, atau pun pengelola masyarakat atau lainnya.

“Sistem parkir konvensional yang selama ini banyak terjadi kebocoran pendapatan. Berharap dengan adanya parkir berlangganan dapat efektif dan meningkatkan sumber PAD Ciamis,” katanya.

Sebelumnya, Bupati Ciamis Herdiat Sunarya menyampaikan pelaksanaan  penerapan parkir berlangganan pada awal 2023. “Tahun ini, akan disosialisasikan kepada masyarakat terkait penerapannya,” ujarnya saat melakukan Rapat Paripurna Raperda Pertanggungjawaban pelaksanaan APBD tahun anggaran 2021 bersama DPRD Kabupaten Ciamis, Selasa (21/6/2022).

Sedangkan untuk sesuai plang yang dari Dishub yang masih terpasang. Tertera Peraturan Bupati Ciamis Nomor 9 tahun 2022 tentang perubahan tarif retribusi tepi jalan umum. Dengan ketentuan; roda dua Rp 2.000, roda empat Rp 3.000, dan bus/truk Rp 4.000. (riz)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: