Bangkai Kapal Perusak Angkatan Laut AS Yang Ditenggelamkan Jepang Ditemukan

Bangkai Kapal Perusak Angkatan Laut AS Yang Ditenggelamkan Jepang Ditemukan

Radartasik, Bangkai kapal perusak Angkatan Laut AS, Samuel B. Roberts telah ditemukan awal pekan ini pada kedalaman hampir tujuh kilometer (4,3 mil) di bawah permukaan laut.

Penemuan ini menjadikanya bangkai kapal karam terdalam yang pernah ditemukan oleh miliarder penjelajah laut, Victor Vescovo melalui pengumuman di Twitter.

“Bagian dari penyelaman di Sammy B. Tampaknya busurnya membentur dasar laut dengan beberapa kekuatan, menyebabkan beberapa tekukan. Buritannya juga terpisah sekitar 5 meter karena benturan, tetapi seluruh bangkai kapal itu menyatu. Kapal kecil ini menghadapi Angkatan Laut Jepang yang terbaik dan melawan mereka sampai akhir,” tulis Victor Vescovo di twitter.

“Dengan spesialis sonar Jeremie Morizet, saya mengemudikan Faktor Pembatas kapal selam ke bangkai Samuel B. Roberts (DE 413). Beristirahat di 6.895 meter, sekarang menjadi kapal karam terdalam yang pernah ditemukan dan disurvei. Itu memang kapal pengawal perusak yang bertempur seperti kapal perang,'” lanjutnya.

Sebelumnya rak torpedo dari USS Samuel B Roberts ditemukan pada 18 Juni oleh pilot Tim Macdonald dan spesialis sonar Jeremie Morizet dan Vescovo yang memiliki kapal selam.

Kapal Perusak Sammy B diluncurkan pada Januari 1944, tenggelam hanya beberapa bulan kemudian dalam Pertempuran Samar di Filipina yang sering disebut sebagai salah satu pertahanan terakhir terbesar dalam sejarah angkatan laut.

Kapal perusak itu menjadi bagian dari armada kecil AS yang kalah jumlah dan tidak siap, namun berhasil beradaptasi dengan keadaan dan menahan kekuatan Jepang yang jauh lebih kuat. Diketahui dari 224 awak kapal Samuel B Roberts, 89 tewas dalam pertempuran tersebut.

“Kami ingin mengatakan bahwa baja tidak berbohong dan bangkai kapal ini adalah saksi terakhir pertempuran yang mereka perjuangkan,” tambah Vescovo yang merupakan mantan perwira Angkatan Laut kepada BBC News.

Gambar yang dibuat oleh Limiting Factor menunjukkan struktur lambung, senjata dan tabung torpedo kapal serta lubang dari cangkang Jepang.

“Sammy B menyerang kapal penjelajah berat Jepang dari jarak dekat dan menembak dengan sangat cepat sehingga amunisinya habis, mereka bahkan menembakkan peluru asap dan peluru penerangan hanya untuk mencoba membakar kapal-kapal Jepang. Itu hanya tindakan kepahlawanan yang luar biasa. Orang-orang itu, di kedua sisi, berjuang sampai mati,” ungkap Vescovo dikutip dari Russian Today.

BACA JUGA:3 Pesawat Jatuh Dalam Seminggu, Angkatan Laut AS Hentian Beberapa Misi

Penemuan kapal karam terdalam yang pernah ditemukan menandai satu lagi dalam serangkaian rekor yang dibuat oleh Vescovo.

Pada Maret 2021, penjelajah laut mengemudikan kapal selamnya dan menemukan USS Johnston yang juga tenggelam selama Pertempuran Samar. Dua penyelaman terpisah selama delapan jam “merupakan penyelaman bangkai kapal terdalam, berawak atau tak berawak yang tercatat dalam sejarah.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: russian today