Kemenkeu Tingkatkan Daya Saing UMKM, Pembiayaan UMi Syarat Mudah, Bunga Rendah

Kemenkeu Tingkatkan Daya Saing UMKM, Pembiayaan UMi Syarat Mudah, Bunga Rendah

Program pembiayaan tersebut, kata dia, sudah ada. Namun dari pelaku  UMKM-nya mungkin belum mengetahui terkait adanya program itu, atau mungkin juga sudah tahu tapi tidak mengerti dan harus didampingi.

Oleh sebab itu, melalui FGD ini, Rita menginginkan dapat menyentuh semua UMKM untuk bisa menggunakan pembiayaan UMi sekaligus mengetahui tentang pendanaan dari Kementerian Keuangan tersebut.

“Kita akan melakukan pendampingan kepada para UMKM. Kebutuhannya apa, pemenuhan dokumen misalnya, cara isinya bagaimana, apa yang harus dipenuhi, dan yang diekspornya apa, serta yang lainnya,” ucapnya.

Ke depan, lanjut Rita, akan mendata dan mengundang UMKM yang lainnya. Nanti dipilih beberapa UMKM yang datang, selanjutnya mereka yang ikut nantinya menyebarkan informasi ke teman-temannya. Yang ikut sosialisasi juga bisa mendampingi ketika temannya butuh penjelasan tentang pajak.

Target ke depannya, UMKM itu terinformasikan tentang peraturan Kementerian Keuangan yang memudahkan mereka serta memiliki jaringan antar UMKM, Pemda, Kementerian Keuangan, BI dan Perbankan.

“Mereka juga harus bisa mandiri, mau mencari ilmu sendiri dan mau berkembang dan bisa membantu teman-teman yang lainnya. Dan harus diketahui banyak sekali program bantuan pemerintah yang berupa modal dan subsidi,” kata Rita. (obi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: