Dilantik Jadi Menteri Perdagangan, Zulhas Hanya Tinggalkan Posisi Wakil Ke MPR, Tetap Jabat Ketua Umum PAN

Dilantik Jadi Menteri Perdagangan, Zulhas Hanya Tinggalkan Posisi Wakil Ke MPR, Tetap Jabat Ketua Umum PAN

Radartasik, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Zulkifli Hasan (Zulhas) sebagai Menteri Perdagangan (Mendag) menggantikan Muhammad Lutfi, Rabu (15/06/2022) siang. 

Dengan masuknya Zulhas dalam Kabinet Indonesia Maju tersebut secara otomatis ia melepaskan sekaligus meninggalkan jabatannya sebagai Wakil Ketua MPR

Sedangkan untuk posisi sebagai Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Partai Amanat Nasional (DPP PAN) Zulhas masih tetap memegangnya. 

BACA JUGA:Presiden Jokowi Perintahkan Hadi Tjahjanto Tuntaskan Soal Sengketa Tanah dan Sertifikat IKN

Agaknya langkah Zulhas ini mengikuti Prabowo Subianto dan Erlangga Hartarto yang tetap merangkap jabatan sebagai ketua umum Partai Gerindra dan ketua umum Partai Golkar kendati diangkat sebagai menteri di Kabinet Jokowi. 

Sementara itu, terkait dengan jabatan baru Zulhas di Kabinet Jokowi tersebut, DPP PAN menyatakan, telah mengantongi nama pengganti untuk posisi Wakil Ketua MPR yang ditinggalkan Zulhas tersebut. 

"Sudah disiapkan sama Bang Zul (Zulkifli Hasan) siapa yang menggantikannya nanti," kata Dewan Pakar PAN, Drajad Wibowo, Rabu 15 Juni 2022 seperti dilansir Disway.id.

BACA JUGA:Truk Pengangkut Pasir di Tasikmalaya Dirazia, Pengendara Motor juga Diimbau Tidak Gunakan Sandal Jepit

Seperti diketahui Presiden Joko Widodo secara resmi melantik dua menteri dan tiga wakil menteri atau wamen dalam reshuffle kabinet hari ini.

Dua menteri masing-masing Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan sebagai Menteri Perdagangan. 

Kemudian mantan Panglima TNI Marsekal (Purn) Hadi Tjahjanto sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN). 

BACA JUGA:Tim Siber Polri Langsung Bergerak, Lakukan Profilling Pembuat Gambar Stupa Candi Borobudur Mirip Jokowi

Hadi menggantikan Sofyan Djalil yang telah menduduki jabatan itu sejak 2016. Sementara posisi Wamen akan ditempati Sekretaris Dewan Pembina PSI Raja Juli Antoni menjadi Wakil Menteri ATR/BPN. 

Lalu, John Wempi Watipo sebagai Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) dan Sekjen Partai Bulan Bintang (PBB) Afriansyah Noor sebagai Wakil Menteri Ketenagakerjaan (Wamenaker).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: