Targetkan Juara FLS2N Tingkat Jabar

Targetkan Juara FLS2N Tingkat Jabar

RADARTASIK, TASIKMALAYA - Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Tasikmalaya mengadakan Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) jenjang Sekolah Dasar (SD) tingkat kota di Rumah Makan Genah Calik, 30 Mei- 2 Juni 2022. 

Kasi Kelembagaan dan Kesiswaan Bidang Pembinaan SD Disdik Kota Tasikmalaya Siswantoro SPd menyampaikan, sebanyak 80 siswa SD mengikuti FL2SN tingkat Kota Tasikmalaya. Dengan menunjukkan talenta di bidang seni tari, menyanyi solo, seni kriya anyaman, pantomim dan cerita bergambar.

”Para juri sudah memilih juara. Khusus yang juara terbaik tingkat Kota Tasikmalaya akan mewakili ke tingkat Provinsi Jawa Barat,” katanya kepada Radar, Kamis (2/6/2022).

Hasilnya, sambung ia, yang mewakili FLS2N tingkat Provinsi Jawa Barat adalah yang menjadi juara kesatu FLS2N tingkat Kota Tasikmalaya. Antara lain; bidang seni tari dari SD Laboratorium UPI Tasikmalaya, cerita gambar dari SDN 5 Gunungpereng, seni kriya anyaman dari SDN 2 Gunungpereng, pantomim dari SD Baiturrahman. 

BACA JUGA: Targetkan Juara Umum Kelima Kalinya

“Bagi yang mendapatkan juara kesatu FL2SN tingkat Kota Tasikmalaya, hasil karyanya berhak dikirimkan ke pusat prestasi nasional dengan email. Itu sebagai perwakilan dari Kota Tasikmalaya ke Provinsi Jawa Barat,” ujarnya.

Ia pun berharap hasil FL2SN ini, bisa berbicara di tingkat Provinsi Jawa Barat hingga nasional. “Hasil seleksi tingkat Provinsi se-Jawa Barat nantinya diambil 10 besar, Kota Tasikmalaya bisa masuk. Sehingga dapat melaju ke tingkat nasional,” katanya.

Kepala Disdik Kota Tasikmalaya Ir Hj Ely Suminar MP mengatakan, FLS2N jenjang SD tingkat Kota Tasikmalaya merupakan media pengungkapan hati dan ekspresi beragam rasa, karsa, naluri dan pikiran siswa. Sebab, dengan begitu dapat memunculkan ide kreatif dan daya cipta dalam berkesenian.

“Penye­leng­ga­raan FLS2N di­harapkan mampu me­numbuhkan sis­wa dalam ber­kreativitas dan berinovasi,” ujarnya, Senin (30/5/2022).

BACA JUGA: 3.000 Siswa PAUD Ikut Lomba Kreativitas di Mayasari Plaza

Untuk FL2SN jenjang SD ini, sambung dia, wujud pengembangan bakat dan minat diri siswa SD agar secara optimal berkarya. Sebab, nantinya salah satu diantaranya mereka yang akan melanjutkan kesenian masa akan datang.  

“Kita dukung siswa SD adanya minat dan bakat seni, sehingga masa depan  kekayaan seni daerah bisa terjaga,” katanya.

Manfaat lainnya, dalam FLS2N ini bisa membawa siswa terus bertumbuh kembang dan maju bersaing. 

“Lomba ini selain cikal-bakal kreatif anak, juga ada nilai lebihnya. Yakni dapat mendorong siswa lebih berani tampil ke depan dan berani mengeluarkan pendapat,” ujarnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: