Rumah Ustaz Dihantam Longsor, Dinding Kamar Jebol

Rumah Ustaz Dihantam Longsor, Dinding Kamar Jebol

RADARTASIK, KABUPATEN TASIKMALAYAHujan deras yang mengguyur sebagian besar wilayah KABUPATEN TASIKMALAYA pada Sabtu (4/6/2022) malam.

Akibatnya, tebing di Kampung Sawahlega Dusun Mekarsaluyu RT/RW 002/002 Desa/Kecamatan Kadipaten Kabupaten Tasikmalaya longsor dan menimpa rumah ustaz.

Kepala Desa Kadipaten Cecep Agah Nagoya mengatakan rumah yang tertimpa longsoran tersebut milik Ustaz Odih, guru ngaji di kampung halamannya.

“Akibatnya dinding kamar rumah Ustaz Odih tertimpa material longsor dan jebol,” ujar dia, menjelaskan. 

“Hari ini kami dari pemerintah desa, babinkamtibmas, babinsa, KSB Desa kadipten, RT/RW, linmas, tokoh masyarakat bersama masyarakat setempat membantu membersihkan material longsor yang masuk ke rumah ustaz,” ujarnya kepada Radar, Minggu (5/6/2022).

Cecep menyebutkan beruntung dalam bencana tidak sampai memakan korban jiwa maupun luka. Namun, kondisi rumah dipenuhi material longsor. Kerugian yang dialami korban kurang lebih mencapai Rp 15.000.000.

BACA JUGA: Pesan Komisi II ke Pemkab Tasikmalaya: Aset Bertebaran di Mana-Mana, Harus Serius Mengelolanya

Menurutnya, curah hujan dengan intensitas tinggi dan kontur tanah yang labil, mengakibatkan terjadinya longsor dan menimpa rumah warganya tersebut.

Oleh karena itu, diimbau kepada masyarakat yang rumahnya berlokasi di sekitar daerah rawan longsor dan lainnya untuk sangat berhati-hati. 

“Apabila ada potensi bencana terjadi segera mengungsi ke tempat yang lebih aman," sambung kepala desa.

"Alhamdulillah korban telah diberi bantuan berupa bahan material pasir pasang, bata merah, semen, besi 10 inc, besi 6 inc dan juga beras 50 kg,” ucapnya.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Tasikmalaya Endang Sahrudin memgaku belum menerima laporan resmi terkait adanya longsor di wilayah Kecamatan Kadipaten Kabupaten Tasikmalaya.

Namun, pihaknya memastikan jika terdapat satgas dan relawan kebencanaan di setiap kecamatan. 

BACA JUGA: Perkuat Empat Pilar Kebangsaan Lewat Guru

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: