Jelang Ramadan, Cabai dan Bawang di Pasar Singaprna Naik Dua Kali Lipat

Jelang Ramadan, Cabai dan Bawang di Pasar Singaprna Naik  Dua Kali Lipat

Radartasik.com, KABUPATEN TASIKMALAYA - Dua Pekan menjelang bulan Ramadan, harga bahan pokok seperti cabai merah, bawang merah dan bawang putih naik hampir dua kali lipat. Pantuan radartasik.com di Pasar Singaparna, Senin (21/3/2022), kenaikan harga bahan pokok ini diawali sejak Februari hingga menjelang akhir Maret ini.

Untuk harga cabai merah semula Rp 25 ribu menjadi Rp 50 ribu per kilogaram. Cabai domba Rp 30 ribu menjadi Rp 65 ribu. Bawang merah Rp 65 ribu yang semula Rp 30 ribu dan bawang putih Rp 32 ribu dari semula Rp 24 ribu per kilogram.

Pedagang Pasar Singaparna Lilis (45) mengatakan, kenaikan cabai dan bawang terjadi sejak awal bulan Februari lalu. Kenaikan, menurutnya secara bertahap hingga harga saat ini. "Diperkirakan tiga minggu lalau sudah mulai naik," katanya kepada radartasik.com Senin (21/3/2022).

Kenaikan harga bahan pokok ini menurutnya berdampak pada lesunya nilai dari pembeli. Dengan kenaikan harga yang mencapai 100 persen, hanya mampu dibeli konsumen setengah atau setengah kilogram dari biasanya minimal satu kilogram. "Naiknya 100 persen, pembeli tetap ada hanya dalam jumlah kecil saja," ungkap Lilis.

Meski terjadi kenaikan harga, stok dan pasokan cabai dan bawang masih tergolong stabil. Namun bagi pedagang mempengaruhi pada omset penjualan yang menurun. "Jumlah penjualan menurun dengan adanya kenaikan ini ," kata dia.

Ia memprediksi harga bahan pokok ini bisa kembali naik. Biasanya satu pekan atau tiga hari menjelang  bulan Ramadan. "Biasanya seperti itu, mendekati Ramadan selalu naik, tetapi mudah-mudahan tidak. Kami susah menjualnya," terangnya.

Sedangkan pedagang telur Pasar Singaparna Iis (43) mengatakan, hingga saat ini harga telur ayam tidak ada kenaikan ataupun penurunan. "Harganya tetap Rp 23 ribu setiap satu kilogramnya," kata dia. (Ujang Nandar/radartasik.com) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: