Cara Mudah dan Cepat Membuat Tanda Tangan Digital

Cara Mudah dan Cepat Membuat Tanda Tangan Digital

radartasik.com, CARA membuat tanda tangan digital ramai dicari sejak pemberlakuan work from home (WFH) sebagai dampak Covid-19.

Perusahaan pun memperbolehkan tanda tangan digital sebagai pengganti tanda tangan dengan tulisan tangan dan pulpen.

Dengan cara ini tentu bisa lebih menghemat kertas dan mudah dilakukan di mana saja serta kapan pun yang kita mau.

Ada banyak cara membuat tanda tangan digital yang bisa Anda lakukan dengan mudah dan cepat, berkat bantuan teknologi saat ini. Apa saja itu?

1. Metode Scan

Cara pertama yang dapat Anda lakukan untuk membuat tanda tangan digital adalah dengan cara scan.

- Langkah pertama adalah siapkan kertas kosong polos (kertas HVS, bukan 
  kertas dari buku tulis) beserta pulpen basah. Usahakan pulpen dengan tinta 
  yang tebal agar terbaca saat proses scan.

- Siapkan pula mesin scanner untuk memindai kertas yang berisi tanda tangan
  Jika tidak ada, Anda dapat menggunakan aplikasi CamScanner yang tersedia 
  secara gratis di App Store dan Play Store.

- Selanjutnya, tanda tangan di atas kertas kosong dengan pulpen tinta tebal. 
  Usahakan tanda tangan di permukaan yang bersih dan rata untuk hasil yang 
  baik.

- Setelah itu, masukkan kertas yang sudah berisi tanda tangan ke dalam 
  scanner. Mulai proses scanning menggunakan software yang tersedia (sesuai 
  dengan jenis dan merek scanner yang Anda gunakan).

- Jika menggunakan CamScanner, buka aplikasi di ponsel Anda lalu mulai 
  proses scanning dengan menekan ikon kamera di sudut kanan bawah.

- Jika sudah, simpan hasil scan tersebut dalam bentuk gambar agar bisa 
  disisipkan ke dalam dokumen dan selamat proses tanda tangan dengan 
  metode scan berhasil.

2. Microsoft Word

Cara tanda tangan digital selanjutnya bisa Anda lakukan di Microsoft Word yang tersedia di perangkat komputer atau laptop Anda.

- Langkah pertama, pindahkan kursor ke area yang ingin Anda bubuhi tanda 
  tangan di dokumen.

- Setelah itu masuk ke tab ”Insert” lalu arahkan ke bagian Teks dan pilih 
  Signature Line.

- Klik Microsoft Office Signature Line dan jendela dialog Signature Setup akan 
  muncul.

- Masukkan nama penandatanganan, jabatan, alamat email, dan ikuti instruksi 
  lebih lanjut. Kemudian centang kotak jika diperlukan. Lalu klik ”OK”.

- Klik kanan pada bagian tanda tangan dan ketik nama atau unggah gambar 
  tanda tangan Anda.

Microsoft Word juga menyediakan fitur tanda tangan elektronik. Jika merasa tanda tangan elektronik lebih mudah, Anda dapat mengikuti langkah berikut ini:

- Buat tanda tangan di atas selembar kertas putih kosong menggunakan pulpen 
  tinta tebal dengan cara tulis tangan.

- Pindai dengan metode scan (ikuti langkah scan di atas) dan simpan di 
  komputer. Microsoft Word support format file .bmp, .gif, .png, dan .jpg.

- Buka file gambar hasil scan di Microsoft Word dengan meng-klik ”Picture” di 
  dalam tab ”Insert”

- Klik pada gambar dan sesuaikan menggunakan tab Picture Tools Format. 
  Anda bisa menyesuaikan ukuran, melakukan cropping, dan menambahkan 
  bingkai gambar.

- Setelah itu drag dan taruh gambar tanda tangan di tempat yang Anda 
  inginkan.

3. Adobe Acrobat Reader DC

Tak hanya Microsoft Word yang menyediakan fitur tanda tangan digital. Adobe Acrobat Reader juga menyediakan fitur untuk membuat tanda tangan digital.

Dengan software ini, Anda dapat langsung menandatangani dokumen berformat PDF tanpa harus mengonversinya terlebih dahulu ke format .doc.

Berikut ini cara membuat tanda tangan digital menggunakan Adobe Acrobat Reader:

- Buka dokumen berformat PDF yang akan ditandatangani

- Pada toolbar yang ada di sisi kanan layar, klik ”Fill & Sign”

- Pilih ”Sign”, lalu pilih ”Add Signature”.

Tersedia tiga opsi untuk membuat tanda tangan digital.

- Pertama, opsi ”Type” dengan mengetikkan nama yang nantinya diubah 
  menjadi tanda tangan.

- Kedua, opsi ”Draw” yang bisa Anda gunakan untuk langsung menggambar 
  tanda tangan menggunakan mouse, trackpad, ataupun stylus.

- Ketiga, opsi ”Image” untuk menambahkan gambar tanda tangan.

- Setelah itu, Anda bisa sesuaikan ukuran dan posisi dengan cara drag gambar 
  tersebut.

- Terakhir, simpan dokumen yang telah berisi tanda tangan dengan klik ”File” 
  dan ”Save” atau dengan shortcut Ctrl + S.

Cara Membuat Tanda Tangan Digital Online:

Selain langkah di atas, Anda juga bisa melakukan tanda tangan digital secara online melalui situs web berikut ini:

A. Create My Signature

Cara membuat tanda tangan digital secara online pertama adalah menggunakan CreateMySignature.

User Interface (UI) atau tampilan antarmuka situs ini simpel dan mudah dipahami oleh orang awam sekalipun.

Berikut ini adalah cara membuat tanda tangan digital menggunakan Create My Signature:

- Buka createmysignature.com atau klik di sini.

- Pilih ”Draw Signature” di sisi atas layar.

- Lalu pilih ”Draw signature” untuk menggambar tanda tangan menggunakan 
  mouse, touchpad, atau stylus. Jika dirasa kurang, Anda dapat menghapus 
  dengan mengklik ikon tong sampah di sebelah kanan atas. Anda juga dapat 
  menggunakan fitur ”Type in” dengan mengetik nama yang nantinya akan 
  dikonversi menjadi tanda tangan yang bisa Anda pilih sesuai selera.

- Klik tombol ”Download signature” untuk mengunduh gambar

Jika Anda ingin menandatangani langsung di atas dokumen PDF, Anda bisa ikuti langkah berikut.

- Pilih ”Sign document online” di sisi atas layar, tepat di sebelah ”Draw 
  signature”.

- Lalu unggah dokumen dengan cara drag and drop ataupun unggah file. 
  Format yang didukung oleh situs ini adalah PDF, Word, PowerPoint, JPG, dan 
  PNG.

- Klik ikon ”+” lalu klik kotak ”Your signature” dan Anda bisa memilih Draw by 
  hand atau Type in seperti yang sudah dijelaskan di atas. Jika sudah, klik ”Use 
  this signature”

- Drag and drop kotak ”Your signature” di tempat yang Anda inginkan

- Jika sudah, klik tiga garis di kanan atas, lalu klik ”Save document”


B. Signaturely

Selanjutnya, Anda bisa menggunakan situs web Bernama Signaturely. Dengan situs ini, Anda bisa membuat tanda tangan dengan cara menggambar manual ataupun mengetik nama yang akan dikonversi secara otomatis menjadi tanda tangan.

Berikut cara tanda tangan digital menggunakan Signaturely:

- Buka app.signaturely.com atau klik di sini.

- Masukkan email dan klik ”Create free account”. Anda tidak perlu khawatir 
  karena ini gratis.

- Isi formulir yang tersedia dan klik ”Create free account” atau Anda bisa masuk 
  dengan akun Google.

- Lalu pilih ”Only Me” jika untuk Anda sendiri, klik ”Me & Others” jika akun 
  tersebut digunakan untuk Anda dan orang lain, dan klik ”Only Others” jika 
  akun tersebut untuk orang lain.

- Lalu unggah dokumen dengan cara drag and drop atau klik ”Upload files 
  here”. Anda juga bisa mengunggah dokumen melalui Google Drive, One 
  Drive, Dropbox, ataupun box.

- Klik ”Fill Out & Sign” untuk memulai tanda tangan.

- Lalu klik ”Sign” dan pilih ”Create it now!” untuk membuka lebih banyak opsi. 
  Jangan lupa untuk centang kolom persetujuan.

- Sama seperti situs sebelumnya, Anda bisa memilih opsi ”Type it in”, ”Draw it 
  in”, atau ”Upload Image”. Ikuti instruksi yang ada di web.

- Jika sudah, klik ”Create Signature”.

- Setelah itu ”Drag and drop” di tempat yang Anda inginkan.

- Bila semua selesai, klik ”Send” yang ada di atas kanan dan hasilnya akan 
  masuk ke email Anda.

Itulah sederet cara membuat tanda tangan digital yang bisa Anda pakai secara gratis. Anda tinggal memilih metode yang menurut Anda paling mudah. (arfan/mg)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: