Cara Mudah dan Cepat Membuat Tanda Tangan Digital
Reporter:
ocean|
Minggu 13-03-2022,19:00 WIB
Perusahaan pun memperbolehkan
tanda tangan digital sebagai pengganti
tanda tangan dengan tulisan tangan dan pulpen.
Dengan cara ini tentu bisa lebih menghemat kertas dan mudah dilakukan di mana saja serta kapan pun yang kita mau.
Ada banyak cara membuat
tanda tangan digital yang bisa Anda lakukan dengan mudah dan cepat, berkat bantuan teknologi saat ini. Apa saja itu?
1. Metode Scan
Cara pertama yang dapat Anda lakukan untuk membuat
tanda tangan digital adalah dengan cara scan.
- Langkah pertama adalah siapkan kertas kosong polos (kertas HVS, bukan
kertas dari buku tulis) beserta pulpen basah. Usahakan pulpen dengan tinta
yang tebal agar terbaca saat proses scan.
- Siapkan pula mesin scanner untuk memindai kertas yang berisi
tanda tangan.
Jika tidak ada, Anda dapat menggunakan aplikasi CamScanner yang tersedia
secara gratis di App Store dan Play Store.
- Selanjutnya,
tanda tangan di atas kertas kosong dengan pulpen tinta tebal.
Usahakan
tanda tangan di permukaan yang bersih dan rata untuk hasil yang
baik.
- Setelah itu, masukkan kertas yang sudah berisi
tanda tangan ke dalam
scanner. Mulai proses scanning menggunakan software yang tersedia (sesuai
dengan jenis dan merek scanner yang Anda gunakan).
- Jika menggunakan CamScanner, buka aplikasi di ponsel Anda lalu mulai
proses scanning dengan menekan ikon kamera di sudut kanan bawah.
- Jika sudah, simpan hasil scan tersebut dalam bentuk gambar agar bisa
disisipkan ke dalam dokumen dan selamat proses
tanda tangan dengan
metode scan berhasil.
2. Microsoft Word
Cara
tanda tangan digital selanjutnya bisa Anda lakukan di Microsoft Word yang tersedia di perangkat komputer atau laptop Anda.
- Langkah pertama, pindahkan kursor ke area yang ingin Anda bubuhi tanda
tangan di dokumen.
- Setelah itu masuk ke tab ”Insert” lalu arahkan ke bagian Teks dan pilih
Signature Line.
- Klik Microsoft Office Signature Line dan jendela dialog Signature Setup akan
muncul.
- Masukkan nama penandatanganan, jabatan, alamat email, dan ikuti instruksi
lebih lanjut. Kemudian centang kotak jika diperlukan. Lalu klik ”OK”.
- Klik kanan pada bagian
tanda tangan dan ketik nama atau unggah gambar
tanda tangan Anda.
Microsoft Word juga menyediakan fitur
tanda tangan elektronik. Jika merasa
tanda tangan elektronik lebih mudah, Anda dapat mengikuti langkah berikut ini:
- Buat
tanda tangan di atas selembar kertas putih kosong menggunakan pulpen
tinta tebal dengan cara tulis tangan.
- Pindai dengan metode scan (ikuti langkah scan di atas) dan simpan di
komputer. Microsoft Word support format file .bmp, .gif, .png, dan .jpg.
- Buka file gambar hasil scan di Microsoft Word dengan meng-klik ”Picture” di
dalam tab ”Insert”
- Klik pada gambar dan sesuaikan menggunakan tab Picture Tools Format.
Anda bisa menyesuaikan ukuran, melakukan cropping, dan menambahkan
bingkai gambar.
- Setelah itu drag dan taruh gambar
tanda tangan di tempat yang Anda
inginkan.
3. Adobe Acrobat Reader DC
Tak hanya Microsoft Word yang menyediakan fitur
tanda tangan digital. Adobe Acrobat Reader juga menyediakan fitur untuk membuat
tanda tangan digital.
Dengan software ini, Anda dapat langsung menandatangani dokumen berformat PDF tanpa harus mengonversinya terlebih dahulu ke format .doc.
Berikut ini cara membuat
tanda tangan digital menggunakan Adobe Acrobat Reader:
- Buka dokumen berformat PDF yang akan ditandatangani
- Pada toolbar yang ada di sisi kanan layar, klik ”Fill & Sign”
- Pilih ”Sign”, lalu pilih ”Add Signature”.
Tersedia tiga opsi untuk membuat
tanda tangan digital.
- Pertama, opsi ”Type” dengan mengetikkan nama yang nantinya diubah
menjadi
tanda tangan.
- Kedua, opsi ”Draw” yang bisa Anda gunakan untuk langsung menggambar
tanda tangan menggunakan mouse, trackpad, ataupun stylus.
- Ketiga, opsi ”Image” untuk menambahkan gambar
tanda tangan.
- Setelah itu, Anda bisa sesuaikan ukuran dan posisi dengan cara drag gambar
tersebut.
- Terakhir, simpan dokumen yang telah berisi
tanda tangan dengan klik ”File”
dan ”Save” atau dengan shortcut Ctrl + S.
Cara Membuat
Tanda Tangan Digital Online:
Selain langkah di atas, Anda juga bisa melakukan
tanda tangan digital secara online melalui situs web berikut ini:
A. Create My Signature
Cara membuat
tanda tangan digital secara online pertama adalah menggunakan CreateMySignature.
User Interface (UI) atau tampilan antarmuka situs ini simpel dan mudah dipahami oleh orang awam sekalipun.
Berikut ini adalah cara membuat
tanda tangan digital menggunakan Create My Signature:
- Buka createmysignature.com atau klik di sini.
- Pilih ”Draw Signature” di sisi atas layar.
- Lalu pilih ”Draw signature” untuk menggambar
tanda tangan menggunakan
mouse, touchpad, atau stylus. Jika dirasa kurang, Anda dapat menghapus
dengan mengklik ikon tong sampah di sebelah kanan atas. Anda juga dapat
menggunakan fitur ”Type in” dengan mengetik nama yang nantinya akan
dikonversi menjadi
tanda tangan yang bisa Anda pilih sesuai selera.
- Klik tombol ”Download signature” untuk mengunduh gambar
Jika Anda ingin menandatangani langsung di atas dokumen PDF, Anda bisa ikuti langkah berikut.
- Pilih ”Sign document online” di sisi atas layar, tepat di sebelah ”Draw
signature”.
- Lalu unggah dokumen dengan cara drag and drop ataupun unggah file.
Format yang didukung oleh situs ini adalah PDF, Word, PowerPoint, JPG, dan
PNG.
- Klik ikon ”+” lalu klik kotak ”Your signature” dan Anda bisa memilih Draw by
hand atau Type in seperti yang sudah dijelaskan di atas. Jika sudah, klik ”Use
this signature”
- Drag and drop kotak ”Your signature” di tempat yang Anda inginkan
- Jika sudah, klik tiga garis di kanan atas, lalu klik ”Save document”
B. Signaturely
Selanjutnya, Anda bisa menggunakan situs web Bernama Signaturely. Dengan situs ini, Anda bisa membuat tanda tangan dengan cara menggambar manual ataupun mengetik nama yang akan dikonversi secara otomatis menjadi tanda tangan.
Berikut cara
tanda tangan digital menggunakan Signaturely:
- Buka app.signaturely.com atau klik di sini.
- Masukkan email dan klik ”Create free account”. Anda tidak perlu khawatir
karena ini gratis.
- Isi formulir yang tersedia dan klik ”Create free account” atau Anda bisa masuk
dengan akun Google.
- Lalu pilih ”Only Me” jika untuk Anda sendiri, klik ”Me & Others” jika akun
tersebut digunakan untuk Anda dan orang lain, dan klik ”Only Others” jika
akun tersebut untuk orang lain.
- Lalu unggah dokumen dengan cara drag and drop atau klik ”Upload files
here”. Anda juga bisa mengunggah dokumen melalui Google Drive, One
Drive, Dropbox, ataupun box.
- Klik ”Fill Out & Sign” untuk memulai
tanda tangan.
- Lalu klik ”Sign” dan pilih ”Create it now!” untuk membuka lebih banyak opsi.
Jangan lupa untuk centang kolom persetujuan.
- Sama seperti situs sebelumnya, Anda bisa memilih opsi ”Type it in”, ”Draw it
in”, atau ”Upload Image”. Ikuti instruksi yang ada di web.
- Jika sudah, klik ”Create Signature”.
- Setelah itu ”Drag and drop” di tempat yang Anda inginkan.
- Bila semua selesai, klik ”Send” yang ada di atas kanan dan hasilnya akan
masuk ke email Anda.
Itulah sederet cara membuat
tanda tangan digital yang bisa Anda pakai secara gratis. Anda tinggal memilih metode yang menurut Anda paling mudah.
(arfan/mg)
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: