Bangkit, Pulihkan Ekonomi, BUMDes di Tanjungjaya Tasikmalaya Andalkan Satu RT Satu Produk

Bangkit, Pulihkan Ekonomi, BUMDes di Tanjungjaya Tasikmalaya Andalkan Satu RT Satu Produk

Radartasik.com, TASIK — Badan Usaha Milik Desa (BUMdes) Cipta Karya Mandiri Cikeusal, Desa Cikesal, Kecamatan Tanjungjaya Kabupaten Tasikmalaya terus mengembangkan usaha bidang anyaman dan konveksi. 


Direktur Utama BUMdes Cipta Karya Mandiri Nurhasan mengatakan, pihaknya terus berupaya membantu menumbuhkan perekonomian masyarakat dari masa pandemi melalui BUMdes. Salah langkahnya yaitu dengan usaha pembuatan anyaman bambu.

Adapun produk anyaman bambu yang dikembangkan saat ini yaitu tempat buah-buahan, aseupan dan nyiru dibeli dan dipasarkan kembali oleh BUMdes

Pembuatan kerajinan berbahan bambu ini terpusat di Dusun Ciakar. "Kemarin sifatnya perorangan, sekarang dirangkul sama BUMdes membuat kelompok. Jadi memanfaatkan waktu senggang warga, tapi tetap produktif," katanya kepada radartasik.com, Rabu (9/3/2022).

Selain bidang anyaman, BUMdes Cipta Karya Mandiri juga membantu perekonomian warga melalui konveksi dan produksi gula semut. 

Meskipun belum memberikan modal kepada pelaku usaha, BUMdes Cipta Karya Mandiri membantu membeli produk dari pelaku usaha dan dipasarkan. 

"Anyaman kita pasarkan di pasar Cikeusal, ada juga di Kampung Naga. Kita pasarkan melalui online juga. Sistemnya kita wadahi para pelaku, kita beli produksi dan kita pasarkan," kata dia.

Ke depan BUMDes Cipta Karya Mandiri menargetkan, program Satu RT Satu Produk

Produk Satu RT Satu Produk yang menjadi andalan, kata dia, baik berupa makanan atau hasil kerajinan. Hasilnya, dibeli oleh BUMdes

"Target kita, bisa memberikan Pendapatan asli desa lebih besar dan masyarakat juga terbantu secara ekonomi," kata dia. (ujang nandar / radartasik.com)



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: