Lakukan Ini untuk Mencegah Penyakit Ginjal Kronik

Lakukan Ini untuk Mencegah Penyakit Ginjal Kronik

radartasik.com, MENCAPAI target kontrol tekanan darah sangat penting. Hal itu dalam jangka panjang perlu dilakukan untuk menghindari kerusakan organ yang disebabkan oleh hipertensi.

Lantaran, hipertensi berpotensi menyebabkan stroke, serangan jantung, dan kerusakan ginjal yang bisa mengakibatkan kematian.

Semua itu disampaikan Sekretaris Jenderal Indonesian Society of Hypertension (InaSH) Djoko Wibisono dalam konferensi pers secara virtual, Jumat (18/2/2022).

Dokter spesialis penyakit ginjal kronik (PGK) ini menambahkan data riset kesehatan dasar (Riskesdas) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) pada 2018 menunjukkan 1.017.260 penduduk Indonesia menderita PGK.

”Dari total seluruh penduduk Indonesia yang menderita PGK, 19,3 persen di antaranya menjalani cuci darah atau hemodialisis, kurang lebih 196.332 penduduk,” kata dia.

Djoko Wibisono menjelaskan PGK bisa disebabkan kelainan atau gangguan fungsi ginjal yang berlangsung lebih dari 3 bulan.

Estimasi laju filtrasi ginjal (eLFG) yang kurang dari 60 ml/menit selama 3 bulan juga bisa menyebabkan PGK.

”Penderita diabetes dan hipertensi perlu secara berkala melakukan deteksi fungsi ginjal untuk mengendalikan kerusakan ginjal,” papar dia.

Djoko Wibisono mengatakan penurunan fungsi ginjal akibat PGK bisa diperlambat dengan terapi medis, perubahan gaya hidup, dan konsultasi dengan dokter.

”Kualitas hidup pasien PGK dapat menyamai kualitas hidup orang sehat,” tambah dia.

Ada beberapa hal yang perlu dilakukan dalam mencegah PGK yakni pola hidup sehat, tidak mengonsumsi obat-obatan tanpa anjuran, melakukan medical check up, kontrol hipertensi dan diabetes bagi orang dengan tekanan serta kadar gula darah yang tinggi. (mcr9/jpnn/lan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: