Cegah Tawuran, Polisi Berencana Gelar Razia Barang Bawaan Pelajar di Sekolah

Cegah Tawuran, Polisi Berencana Gelar Razia Barang Bawaan Pelajar di Sekolah

Radartasik.com, CIREBON — Maraknya aksi kekerasan yang dilakukan pelajar belakangan ini, salah satunya karena dipicu adanya bawang bawaan berupa senjata tajam (sajam) yang dibawa atau disembunyikan mereka di dalam tas sekolahnya.

Terkait hal itu, Polres Cirebon Kota berencana melakukan razia barang bawaan yang dibawa pelajar di tas sekolahnya

“Koordinasi hari ini (Senin,red) juga dengan kepala sekolah dan dinas pendidikan,” kata Kapolres Cirebon Kota, saat ekspos kasus pembacokan pelajar di Jl Tuparev.

Diungkapkan dia, sebelum diulakukan razia terhadap barang bawaan para pelajar tersebut pihak kepolisian akan mengutamakan edukasi terlebih. Diharapkan, hal ini dapat meminimalkan kejadian tawuran.

 “Kita akan melakukan edukasi dulu. Supaya para pelajar ini tidak melakukan tawuran lagi,” tandas kapolres.

Kendati demikian, pihaknya juga akan melakukan tindakan lain pencegahan tawuran. “Kalau memang diizinkan pihak sekolah, kita akan melakukan penggelaran personel dengan pemeriksaan barang-barang bawaan oleh pelajar,” ungkap dia.

Tempatkan Personel di Lokasi Rawan Tawuran

Untuk mencegah terjadinya tawuran, kepolisian juga melakukan penempatan personel di sejumlah lokasi rawan tawuran.

Pantauan radarcirebon.com, penempatan personel tersebut diantaranya dilakukan di Jl Perjuangan dan Jl Brigjen Dharsono By Pass.

Dua kawasan ini, kerap menjadi lokasi tawuran pelajar dan sudah berulang kali terjadi.

Kapolres juga mengingatkan bahwa pelajar harus menjaga diri dan tindakannya, serta jangan sampai tersangkut kasus kriminalitas termasuk tawuran. Apalagi sampai ada korban luka maupun jiwa.

Sebab, tindakan tersebut nantinya akan tercatat dan merugikan untuk masa depan. Misalnya dalam pembuatan SKCK untuk keperluan bekerja, kuliah ataupun administratif lainnya.

Bila sudah pernah melakukan tindakan pidana, akan tercatat pada SKCK tersebut. Dan hal ini akan sangat merugikan siswa yang bersangkutan. (rdh/radarcirebon)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: