Konstruksi Bilboard Bikin Waswas Pemkot Akan Surati Pengelola Reklame

Konstruksi Bilboard Bikin Waswas Pemkot Akan Surati Pengelola Reklame

radartasik.com, CIHIDEUNG — Dampak hujan deras yang disertai angin kencang mengguyur Kota Tasikmalaya Selasa sore (25/1/2022), mengundang rasa waswas masyarakat. Khususnya di wilayah pusat kota Jalan HZ Mustofa.


Sebab sejumlah bilboard raksasa di tengah jalan mengalami kerusakan. Pengendara dan warga sekitar bilboard di Jalur dua HZ Mustofa tersebut mengaku deg-degan, mereka khawatir reklame di area tersebut ambruk secara tiba-tiba.

Mengingat, kondisi hujan disertai angin yang begitu kencang, juga merusak salah satu atap toko yang dilengkapi papan reklame di atasnya yang hanya berjarak hitungan meter dari lokasi.

“Kita deg-degan juga di sini, tadi gambar di bilboard juga terhantam angin cukup keras dan kondisinya sudah seperti itu sekarang (konstruksi mengalami kerusakan, Red),” ujar juru parkir di HZ Mustofa area TMC, Usman Nurmansyah kepada Radar.

Menurutnya, hujan beberapa waktu lalu juga sempat meruntuhkan PJU di dekat Simpang Jalan HZ Mustofa-Ibu Apipah. Kontan, kondisi hujan Selasa sore itu juga membuat warga sekitar waswas. “Sudah butuh perbaikan, sebab hujan ekstrim ini, membuat konstruksi bilboard rusak dihantam angin,” papar dia.

Pengguna jalan lainnya, Wawan Fauzan (44) menuturkan hal serupa. Jalur bisnis tersebut banyak dipasangi media luar ruang. Ketika cuaca sedang normal, pengendara santai saja melintas. Berbeda saat kondisi hujan apalagi disertai angin, seketika berkendara melintasi bilboard yang kondisinya kurang baik membuat suasana menegangkan.

“Horror juga, apalagi ada dua kalau tidak salah di jalur ini, reklame yang konstruksinya secara kasad mata sudah bikin waswas. Kita khawatir juga, bagaiman kalau tahu-tahu roboh,” keluhnya menjelaskan.

Senada dengan Wawan, Rina Nurafianti (32) pengendara yang berteduh di sekitaran HZ Mustofa mengaku melihat hujan angin mengguncang kawasan terbuka itu, terutama menghantam material logam pada reklame. “Itu tadi keras sekali, kita juga agak bergeser sedikit saat berteduh, khawatir hujan angin menerbangkan material baliho atau besi-besi di sana,” kata dia.

Surati Pengelola

Reklame

Sementara itu, Penata Ruang Ahli Muda Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kota Tasikmalaya, Gumilang Herdis menegaskan pihaknya sudah mengecek sejumlah titik yang konstruksi reklamenya diketahui rusak akibat cuaca ekstrem Selasa sore (25/1/2022).

Setelah hujan reda tim langsung mendatangi sekitar 5 titik yang diketahui mengalami kerusakan. Mulai dari 2 papan toko di kawasan HZ Mustofa, 2 penunjuk jalan Hotel Harmoni dan Transmart serta 1 reklame yang kontennya tersapu angin.

“Secara konstruksi kami nilai masih aman, saat kita cek seusai hujan reda terlihat dari kontennya saja reklame yang tersapu angin. Sementara papan petunjuk jalan, papan toko itu memang rubuh kondisinya,” jelas Gilang merinci.

Meski sejumlah reklame yang berukuran besar terbilang dalam kondisi aman secara fisik. Pihaknya tetap akan menyurati para penyedia media luar ruang. Imbauan untuk mengecek properti perusahaannya masing-masing. “Agar mengecek kalau ada yang harus diperbaiki dan lainnya. Meski secara teknis kami cek semua yang kemarin terhantam hujan angin, relatif aman,” papar dia.

Di titik ruas jalan lain pun, reklame terbilang aman. Meski di sekitarnya terjadi pohon tumbang, warga tak perlu cemas namun tetap antisipatif. “Makanya nanti kalau para vendor reklame sudah cek, kita juga akan pantau kembali untuk memastikan semua dalam keadaan prima,” harapnya. (igi)


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: