Lomba Foto Stenin Digelar, Pengiriman Hasil Karya hingga 28 Februari

Lomba Foto Stenin Digelar, Pengiriman Hasil Karya hingga 28 Februari

Radartasik.com — Lomba foto jurnalistik internasional Andrei Stenin kembali gelar. Untuk tahun ini merupakan gelaran ke-8 (http://stenincontest.com) dan pengiriman hasil karya telah dibuka. 

Seperti dilansir jawapos.com, lomba ini bertajuk Andrei Stenin sebagai wujud penghormatan. Stenin merupakan seorang jurnalis foto di grup media Rossiya Segodnya yang meninggal saat bertugas meliput perang Ukraina pada musim panas 2014 di dekat Donetsk. Sesuai tradisi, kontes foto tahunan ini dibuka pada hari ulang tahun Andrei Stenin yakni 22 Desember.

Wartawan muda dari seluruh dunia berusia 18 hingga 33 tahun dapat mengirimkan karya mereka di situs web stenincontest.ru dalam bahasa Rusia (http://stenincontest.ru), Inggris (https://stenincontest.com), dan Tiongkok (https://cn.stenincontest.com). 

Kontes tahun ini memiliki kategori yang sama dengan tahun lalu yakni Top News, Sport, My Planet, dan Portrait: A Hero of Our Time. Satu entri tunggal dan satu seri foto dapat dikirimkan di masing-masing dari empat kategori. Pengajuan bisa dilakukan hingga 28 Februari 2022.

Pada gelaran 2022, pemenang akan mendapatkan hadiah uang tunai 125.000 rubel (sekitar USD 1.700), 100.000 rubel (sekitar USD 1.360) dan 75.000 rubel (sekitar USD 1.000) untuk tempat pertama, kedua dan ketiga di setiap kategori. Pemenang hadiah utama, Grand Prix, akan menerima 700.000 rubel (sekitar USD 9.500).

Terlepas dari pembatasan Covid-19 di seluruh dunia, Kontes foto Andrei Stenin melanjutkan salah satu tradisinya yang paling penting dan dicintai: pameran tur internasional untuk foto-foto pemenang di berbagai negara. Road show ini memberikan kesempatan bagi jurnalis foto muda untuk mempresentasikan karya mereka kepada audiens Rusia dan internasional, dan menarik perhatian pada masalah dan tantangan terkini saat ini. 

Sejak pertama kali digelar pada 2014, telah diadakan pameran di puluhan kota di Eropa, Asia, Amerika Latin, Afrika, dan Timur Tengah. Sejak 2018, markas besar Perserikatan Bangsa-Bangsa di New York, kepala organisasi internasional untuk memperkuat perdamaian dan keamanan global, telah menjadi salah satu tempat pameran kontes tersebut. Kemudian pada 2019, Dewan Eropa di Strasbourg mulai menyelenggarakan pameran.

Oksana Oleinik, kurator kontes foto dan kepala Proyek Foto di Rossiya Segodnya, memberikan pernyataan terkait digelarnya kembali lomba foto jurnalistik internasional Andrei Setenin. “Ada pepatah Latin yang terkenal: Waktu berubah, dan kita berubah bersamanya. Pandemi telah mengubah konfigurasi dunia saat ini secara drastis; itu mempengaruhi gaya hidup kita dan realitas banyak profesi,” sebutnya.

“Namun demikian, banyak dari perubahan ini menguntungkan peserta dengan memperkuat semangat kreatif mereka, membantu mereka tumbuh dalam profesi dan mengembangkan imajinasi, dan memberikan dorongan untuk proyek mereka. Lomba ini telah masuk ke tahun ke-8. Lomba ini telah membawa banyak fotografer muda ke orbit profesional, dan mereka membuat bangga diri mereka sendiri. Tim kami sangat bangga dengan mereka, dan sangat senang. Kami menyambut peserta baru kami dan berharap mereka beruntung!” ungkapnya.

Lomba foto pers internasional Andrei Stenin, yang diselenggarakan oleh Rossiya Segodnya di bawah naungan Komisi Federasi Rusia untuk UNESCO, bertujuan untuk mendukung fotografer muda dan menarik perhatian publik terhadap tantangan jurnalisme foto saat ini. Ini adalah platform untuk fotografer muda, individu berbakat dan sensitif yang terbuka untuk semua hal baru, untuk menyoroti orang dan aktivitas di sekitar kita. (jpg/try)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: