Menjadi Pangkostrad, Mayjen Maruli Simanjuntak Otomatis Promosi Bintang Tiga

Menjadi Pangkostrad, Mayjen Maruli Simanjuntak Otomatis Promosi Bintang Tiga

Radartasik.com, JAKARTA - Jabatan Pangkostrad yang sebelumnya kosong, kini diisi. Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa menunjuk Mayjen Maruli Simanjuntak sebagai Pangkostrad yang baru.


Mayjen Maruli Simanjuntak dipercaya mengisi posisi yang ditinggalkan Jenderal Dudung Abdurachman, yang sekarang menjabat Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD).

"Pangkostrad dijabat oleh Mayjen TNI Maruli Simanjuntak," kata Kepala Pusat Penerangan TNI Mayjen TNI Prantara Santosa dalam siaran pers, Sabtu (22/1).

Dengan begitu, pangkat menantu Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Panjaitan itu akan naik dari bintang dua menjadi tiga. Saat ini, Maruli menjabat sebagai Pangdam Udayana.

Prantara mengatakan Jenderal Andika sudah meneken surat promosi Maruli itu melalui Keputusan Nomor 66/I/2022 tanggal 21 Januari 2022 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan TNI. Ada ratusan perwira TNI lainnya yang mendapat mutasi dan promosi jabatan.

Penunjukan tersebut bersamaan dilakukan melalui Surat Keputusan Jabatan 328 Perwira Tinggi TNI nomor 66/I/2022 tanggal 21 Januari 2022 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan TNI yang ditandatangani Jenderal Andika Perkasa pada Jumat (21/1/2022) malam.

Dari 328 Perwira Tinggi TNI yang mendapatkan jabatan baru tersebut, 28 di antaranya masuk ke dalam jabatan satuan-satuan baru TNI sesuai amanat Perpres Nomor 66 Tahun 2019 tentang Susunan Organisasi TNI.

Tak hanya Mayjen Maruli Simanjuntak yang akan naik menjadi bintang tiga, Mayjen Agus Subiyanto, yang kini Pangdam III/Siliwangi menjadi Wakil KSAD.

Mayjen Maruli Simanjuntak dan Mayjen Agus Subiyanto merupakan eks Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Danpaspampres). 

Ketetapan itu sudah tertuang dalam surat keputusan Nomor 66/I/2022 tanggal 21 Januari 2022 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan TNI yang diteken Andika. 

"Wakasad dijabat oleh Mayjen TNI Agus Subiyanto, Pangkostrad dijabat oleh Mayjen TNI Maruli Simanjuntak," kata Kepala Pusat Penerangan TNI Mayjen TNI Prantara Santosa dalam siaran pers, Sabtu (22/1/2022).

Agus Subiyanto dan Maruli saat ini masih berpangkat jenderal bintang dua. Agus alumnus Akmil 1991 itu menjabat Pangdam Siliwangi, sedangkan Maruli Akmil 1992 itu Pangdam Udayana. Dengan surat keputusan itu, kedua eks orang dekat presiden itu berpangkat tiga.

Dalam surat keputusan tersebut, dikatakan bahwa 328 Perwira Tinggi TNI yang mendapatkan jabatan baru.

Dari jumlah tersebut, 28 di antaranya masuk kedalam jabatan satuan-satuan baru TNI sebagaimana diamanatkan dalam Perpres Nomor 66 tahun 2019 tentang Susunan Organisasi TNI. (tan/jpnn)
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: