Pohon Besar di Alun-Alun Singaparna-Tasikmalaya Tiba-Tiba Tumbang, Menimpa Mobil Tronton dan Dua Angkutan Umum

Pohon Besar di Alun-Alun Singaparna-Tasikmalaya Tiba-Tiba Tumbang, Menimpa Mobil Tronton dan Dua Angkutan Umum

SINGAPARNA — Pohon besar di Taman Alun-Alun Singaparna Kabupaten Tasikmalaya menimpa truk kontainer (tronton) dan dua angkutan umum Jumat (13/1/2022) pagi. 

Akibatnya pohon tumbang itu, arus lalu lintas dari Singaparna menuju wilayah Garut dan sebaliknya sempat mengalami kemacetan, sehingga arus lalu lintas menggunakan jalur alternatif Bojongkoneng.

Saksi mata Kusnadi (74) mengatakan, pohon besar yang sudah lebih dari 35 tahun itu tumbang tiba-tiba. Tidak ada hujan maupun angin. 

"Robohnya pelan-pelan, langsung nimpa mobil kontainer sama angkot dua," katanya dilokasi Jumat (14/1/2022).

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tasikmalaya, Kurnia Trisna Somantri mengatakan, pihaknya belum menggetahui penyebab pasti pohon besar itu tumbang, itu apakah karena sudah lapuk atau tersangkut mobil sehingga tertarik dan menyebabkan robohnya pohon. 

"Tidak diketahui apa penyebabnya, kejadiannya pada pukul 08.00 saat ramai arus lalulintas," katanya kepada radartasik.com di lokasi Jumat (14/1/2022).

Namun, dugaan sementara, pohon sudah lapuk dimakan usia. Pohon tumbang itu pun merusak dinding dan pagar taman hingga hancur berantakan. "Kalau dugaan itu dimakan usia, tapi untuk pastinya kita belum tahu, " ucap Kurnia.

Kurnia menambahkan, pihaknya pun menerjunkan personil untuk mengevakuasi pohon tumbang yang rantingnya jatuh ke badan jalan, dibantu personil Tagana, Basarnas dan Polres Tasikmalaya

"Iya tadi sempat macet, kita langsung lakukan evakuasi dibantu berbagai unsur. Proses evakuasi berjalan kurang lebih dua jam," katanya.

Untuk antisipasi ada pohon tumbang lagi, pihaknya membersihkan ranting pohon yang ada di Taman Alun-Alun Singaparna, khususnya yang ranting cukup bawah dan berpotensi nyangkut pada mobil besar. "Itu kita bersihkan untuk antisipasi adanya pohon tumbang kembali," ungkap Kurnia.

Dalam kejadian ini, tidak ada korban jiwa, hanya kerusakan pada kendaraan tronton bagian kepalanya. "Korban jiwa tidak ada, hanya rusak bagian kepala mobil," kata dia. (ujang nandar/radartasik.com)


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: