Pengusaha Tasik Ancang-Ancang Menyambut Tol Getaci, di Kabupaten Tasikmalaya Sudah Harus Dibangun Hotel Berbintang

Pengusaha Tasik Ancang-Ancang Menyambut Tol Getaci, di Kabupaten Tasikmalaya Sudah Harus Dibangun Hotel Berbintang

TASIK — Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Tasikmalaya menilai adanya Jalan Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap (Getaci) akan banyak membawa perubahan sektor ekonomi dan pariwisata, terutama di Kabupaten Tasikmalaya.

Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Tasikmalaya, H Cecep Abdul Qoyum, mengatakan pada prinsipnya, sebagai warga Kabupaten Tasikmalaya sangat merespons rencana akan dibangunnya Jalan Tol Getaci, karena hadirnya jalan tol tersebut tentunya tidak lepas dari upaya pemerintah pusat dan daerah memperlancar akses yang berkaitan dengan arus distribusi orang dan barang. 

"Sehingga diharapkan dengan adanya Jalan Tol (Getaci) ini, distribusi orang maupun barang akan lebih lancar. Sebab memungkinkan barang-barang yang ada di Kabupaten Tasikmalaya ini lebih leluasa dikirim ke Jakarta atau Bandung, maupun sebaliknya," kata H Cecep Abdul Qoyum kepada radartasik.com, Kamis (13/1/2022).

Menurut H Cecep Abdul Qoyum, adanya akses Jalan Tol Getaci juga akan memudahkan akses dari kota lain untuk datang ke Kabupaten Tasikmalaya. 

“Sebab adanya jalan tol ini akan memperpendek waktu tempuh. Yang biasanya Tasik-Bandung ditempuh dalam waktu 4 jam, bisa dua kali lebih cepat,” ujar H Cecep Abdul Qoyum.

Hadirnya Jalan Tol Getaci, kata H Cecep Abdul Qoyum, memungkinkan orang-orang dari luar, misal dari Jakarta yang memiliki rencana datang ke Tasikmalaya menjadi lebih mudah lagi.

Untuk itu, kata H Cecep Abdul Qoyum, semua pihak di Kabupaten Tasikmalaya harus mempersiapkan diri guna menyambut kunjungan dari luar Kabupaten Tasikmalaya yang akan menikmati wilayah Kabupaten Tasikmalaya. “Baik itu berkaitan dengan potensi wisata maupun UMKM-nya,” ujarnya. "Intinya harus disambut dengan berbagai persiapan," kata H Cecep Abdul Qoyum menambahkan.

Saat ini sejumlah desa di Kabupaten Tasikmalaya sedang berlomba menjadi desa wisata. Hal ini akan menarik banyak wisatawan jika dikemas secara menarik. Bahkan bisa saja memunculkan sejumlah destinasi baru. 

Kemudian dari sektor UMKM akan terbangun. Dengan datangnya warga dari luar, mereka nanti akan makan dan mencari oleh-oleh khas untuk dibawa pulang.  

"Di samping kuliner, sektor perhotelan juga perlu disiapkan. Sebab tidak mustahil kedatangan pengunjung ini hanya satu hari saja, jika ada hotel yang memadai maka tentunya akan membuat pelancong nyaman," ujar H Cecep Abdul Qoyum mengajak. 

Rencananya, pembangunan Jalan Tol Getaci tahap pertama yaitu Bandung-Tasikmalaya akan tuntas pada 2024. Sedangkan tahap dua, Tasikmalaya-Cilacap akan tuntas 2029. (ujang nandar / radartasik.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: