Belgia Umumkan Isolasi Selama 21 Hari Bagi Penderita cacar Monyet

Belgia Umumkan Isolasi Selama 21 Hari Bagi Penderita cacar Monyet

 

BACA JUGA:WHO: Eropa Akan Menghadapi Gelombang Kasus Cacar Monyet

Lalu apa saja gejalanya?

 

Monkeypox mirip dengan cacar manusia yang sudah diberantas pada tahun 1980 dengan gejala mirip cacar air. Gejala awal termasuk demam, nyeri kepala, nyeri punggung, pembengkakan kelenjar getah bening, dan kelelahan. Ruam sering dimulai pada wajah dan kemudian menyebar ke bagian tubuh lainnya.

 

Gejala cacar monyet biasanya mulai terlihat dalam satu hingga dua minggu setelah terinfeksi, kemudian berlangsung antara dua hingga empat minggu. Meskipun tidak ada obat yang diketahui untuk menyembuhkan cacar monyet, sebagian besar pasien sembuh dengan sendirinya dan WHO memperkirakan tingkat kematian sekitar 3-6%.

 

Pejabat kesehatan di beberapa negara telah mencatat bahwa di antara kasus yang mereka lacak, ruam yang terkait dengan cacar monyet muncul terutama pada alat kelamin laki-laki, yang memicu penyebaran tentang penularan seksual.

 

Bagaimana penyebarannya cacar monyet?

 

WHO menyatakan bahwa penularan yang terjadi dari manusia ke manusia biasanya melalui tetesan pernapasan atau kontak dengan kulit pasien yang terinfeksi. 

 

Meskipun cacar monyet sebelumnya tidak dianggap sebagai infeksi menular seksual, sebagian besar kasus yang ditemukan di Inggris terjadi pada pria gay atau biseksual, sementara hampir semua kasus di Spanyol dan Portugis melibatkan pria yang berhubungan dengan pria lain menurut laporan tersebut. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: russian today