Tiga Ton Sampah Diangkut dari Sungai Ciganjing

Tiga Ton Sampah Diangkut dari Sungai Ciganjing

radartasik.com, SUKARAJA - Pemerintah Desa Janggala Kecamatan Sukaraja menginisiasi kegiatan aksi pembersihan sampah di sepanjang Sungai Ciganjing, Minggu (21/11/2021). Kegiatan ini dibantu oleh Forum Sukaraja Bersatu serta TNI-Polri.


Hasil dari pembersihan sampah mencapai tiga ton lebih yang langsung dibuang ke tempat pembuangan akhir TPA di daerah Cioray. Aksi pembersihan sampah tersebut dilakukan oleh masyarakat, dibantu oleh pemerintah desa serta melibatkan organisasi masyarakat serta para pemuda.

“Kegiatan ini dalam rangka memotivasi masyarakat untuk menerapkan hidup bersih dan sehat di lingkungan sekitar dan untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan,” ujar Kepala Desa Janggala Asep Kastoyo kepada Radar, kemarin.

Kata Asep, sebetulnya sampah bisa ditangani dan bisa diantisipasi selama tingkat kesadaran masyarakat tinggi. Kenapa terjadi hal-hal seperti ini ? Dikarenakan mungkin pengelolaan sampah khususnya di Desa Janggala belum terlaksana sekalipun sudah menyiapkan tempat pembuangan akhir khusus untuk Desa Janggala.

“Kami dari Pemerintah Desa Janggala khususnya bersama Forum Sukaraja Bersatu ini langkah awal untuk memberikan sebuah pemahaman kepada masyarakat bagaimana pentingnya menjaga sebuah kebersihan,” ucapnya.

Ketua Forum Sukaraja Bersatu, Rolli Sireggar menyebutkan, ini merupakan bagian dari wujud nyata, kerja nyata. Sehingga fokus ke Sungai Ciganjing terkait masalah sampah. “Hari ini kami berhasil mengumpulkan sampah sebanyak tiga ton,” kata dia. (obi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: